Pengungkapan Diri Orang dengan HIV melalui Hashtag #ODHIV di Media Sosial TikTok

Yap, Chrisvianny (2022) Pengungkapan Diri Orang dengan HIV melalui Hashtag #ODHIV di Media Sosial TikTok. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)

Abstract

Kurangnya pemahaman masyarakat Indonesia terkait HIV menyebabkan adanya stigma negatif. Konsekuensi yang melekat pada ODHIV membuat mereka memilih untuk menutup identitas dan menarik diri dimana faktanya dukungan sosial sangat dibutuhkan untuk seorang ODHIV. Dukungan sosial diterima ketika terjadi pengungkapan diri. TikTok yang marak digunakan masyarakat dunia menjadi salah satu wadah ODHIV untuk bisa mengungkapkan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengungkapan diri ODHIV melalui hashtag #ODHIV di media sosial TikTok. Konsep yang digunakan adalah self disclosure, ODHIV, dan media Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam bersama 3 orang dengan status ODHIV. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa pengungkapan diri ODHIV dilakukan secara terbuka di TikTok dengan menyatakan identitasnya sebagai ODHIV dan konten yang mengandung unsur edukasi HIV. ODHIV yang telah melakukan pengungkapan diri dalam kehidupan sehari-harinya cenderung tidak memiliki batasan dalam informasi yang dibagikan ketika berhubungan melalui DM (direct message). ODHIV bersikap jujur dan informasi yang diungkapkan ODHIV positif karena tujuannya untuk edukasi, menyalurkan hobi dan ekspresi diri. Frekuensi pengungkapan diri yang dilakukan tidak menentu tergantung pada suasana hati dan ide yang terlintas. Penelitian ini menemukan faktor yang mempengaruhi ODHIV dalam mengungkapkan diri yaitu kepribadian, media, pendengar, dan topik. Dampak yang dirasakan oleh ODHIV setelah melakukan pengungkapan diri variatif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ODHIV, Media Sosial, TikTok, Pengungkapan Diri
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:05
Last Modified: 13 May 2023 08:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22121

Actions (login required)

View Item View Item