Deteksi Kekerasan Seksual Verbal Berbahasa Indonesia dari Media Sosial Twitter Menggunakan AWD LSTM

Pratama, Alvian (2022) Deteksi Kekerasan Seksual Verbal Berbahasa Indonesia dari Media Sosial Twitter Menggunakan AWD LSTM. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)

Abstract

Penetrasi media sosial di Negara Indonesia sangat luas cakupannya. Sebanyak 61,8 persen penduduk Indonesia sudah pernah menyentuh media sosial. Perkembangan dari media sosial yang terjadi di Negara Indonesia begitu cepat sehingga penyebaran informasi tidak lagi dapat dikontrol oleh pemerintah. Oleh karena hal tersebut, terjadi banyak bentuk kekerasan yang terjadi di media sosial. Salah satu kasus yang marak terjadi adalah kasus yang bertemakan kekerasan seksual verbal yang terjadi di media sosial. Diperkirakan pada tahun 2021, terjadi peningkatan kekerasan seksual yang dimana bertambah sebanyak 241 kasus. Pada umumnya, kasus dari kekerasan seksual akan ditangani oleh lembaga- lembaga pemerintah ataupun lembaga masyarakat yang mengkhususkan terhadap kategori tersebut. Namun dengan semakin banyaknya kasus kekerasan seksual yang terjadi semenjak pandemic Covid-19, diperkirakan bahwa lembaga ­ lembaga tersebut akan kewalahan dalam menangani kasus kekerasan seksual. Oleh karena itu dibutuhkan kecerdasan buatan untuk dapat menangani kasus ­ kasus dari kekerasan seksual tersebut yang dimana dapat mendeteksi kekerasan seksual yang terjadi di media sosial. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mendeteksi kekerasan seksual yang terdapat dalam pesan di media sosial dengan menggunakan algoritma deep learning yang bernama Average Stochastic Gradient Descent Weight-Dropped LSTM (AWD-LSTM). Permodelan yang dibuat akan menggunakan dataset yang memiliki konten berupa pesan ataupun komentar yang bersumber dari media sosial Twitter. Setelah permodelan selesai dilakukan, model yang sudah selesai dibangun akan diimplementasikan dalam bentuk web yang dimana dapat menerima inputan berupa konten yang berisikan sebuah teks. Implementasi dari web tersebut akan menerima inputan berupa teks yang kemudian akan diolah untuk dapat mengetahui apakah inputan tersebut mengandung unsur kekerasan seksual.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: AWD-LSTM, Flask, Kekerasan Seksual, Klasifikasi, Media Sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:06
Last Modified: 03 Aug 2023 02:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22136

Actions (login required)

View Item View Item