Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Pemrograman Typescript menggunakan Metode Gamifikasi Octalysis

Wijaya, Daniel (2022) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Pemrograman Typescript menggunakan Metode Gamifikasi Octalysis. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

TypeScript adalah salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi, mulai dari website, aplikasi mobile, aplikasi desktop, dan masih banyak lagi. Tidak banyak media pembelajaran yang mengajarkan bahasa pemrograman TypeScript untuk pemula. Oleh karena itu, datanglah ide untuk mengembangkan media pembelajaran TypeScript yang menerapkan mekanika dari game untuk meningkatkan ketertarikan pengguna dan memberikan rasa senang ketika mempelajari bahasa pemrograman TypeScript. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan merancang dan membangun aplikasi pembelajaran TypeScript menggunakan metode gamifikasi dengan framework Octalysis berbasis website, kemudian mengukur tingkat motivasi hedonis dari pengguna terhadap aplikasi menggunakan model Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM), dan mengukur tingkat waktu aktif pengguna pada setiap halaman aplikasi. Pengujian dilakukan kepada pengguna yang tertarik untuk mempelajari TypeScript. Hasil pengukuran motivasi hedonis menggunakan kuesioner membuktikan bahwa penerapan gamifikasi dapat meningkatkan motivasi hedonis dari pengguna. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil kuesioner yang telah dilakukan, bahwa pengguna sebagian besar sangat setuju aplikasi telah berhasil meningkatkan motivasi hedonis pengguna berdasarkan HMSAM. Dari hasil pengukuran waktu aktif pengguna pada setiap halaman aplikasi juga telah dibuktikan bahwa penerapan gamifikasi dapat meningkatkan ketertarikan pengguna untuk terus aktif menggunakan aplikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Gamifikasi, Hedonic Motivation System Adoption Model, Octalysis, TypeScript
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:07
Last Modified: 25 Aug 2023 06:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22147

Actions (login required)

View Item View Item