Pengalaman Gegar Budaya: Studi Kasus Mahasiswa Indonesia di Tiongkok

Indra, Eliana (2022) Pengalaman Gegar Budaya: Studi Kasus Mahasiswa Indonesia di Tiongkok. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tiongkok menjadi salah satu destinasi utama bagi para mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan Bahasa dan Sastra Mandarin. Indonesia dan Tiongkok memiliki latar belakang budaya yang berbeda sehingga menyebabkan mahasiswa Indonesia mengalami gegar budaya. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui apa saja gegar budaya yang dialami mahasiswa Indonesia selamastudi di Tiongkok dan upaya yang dilakukan mahasiswa Indonesia dalam menghadapi gegar budaya selama masa studinya. Penelitian ini menggunakan polakurva U yang didasarkan oleh studi Lysgaard dan cara menghadapi gegar budaya yang dikemukakan oleh Toomey. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian didapatkan melalui wawancara dengan 6 mahasiswa Indonesia yang pernah studi di Tiongkok. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa Indonesia mengalami gegar budaya selama berada di Tiongkok karena adanya perbedaan bahasa dan intonasi berbicara orang lokal, perbedaan musim, perbedaan makanan dan alat makan, perbedaanperkembangan teknologi, perbedaan sistem pendidikan, ajakan minum alkohol, perbedaan agama, dan perbedaan budaya orang lokal. Mahasiswa Indonesia juga melakukan beberapa cara dalam menghadapi gegar budaya yaitu meningkatkan motivasi untuk mempelajari budaya Tiongkok dan memahami nilai budaya dan kebiasaan yang berkaitan dengan perilaku orang Tiongkok, memiliki sikap toleransidan mengurangi sikap etnosentris saat berhadapan dengan budaya Tiongkok, meningkatkan kefasihan linguistik dengan belajar Bahasa Mandarin lebih giat dengan mempelajari materi buku, mendengar musik, dan menonton drama, dan meningkatkan keakraban mengenai budaya baru dengan banyak berinteraksi dengan orang lokal Tiongkok.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Gegar Budaya, Mahasiswa Indonesia, Studi Kasus, Tiongkok
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:09
Last Modified: 27 Apr 2023 00:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22176

Actions (login required)

View Item View Item