Simphoney, Steffaney Olympia (2022) Pengaruh Kegiatan Corporate Social Responsibility BRI Peduli terhadap Loyalitas Pelanggan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero): Survei kepada Nasabah Bank BRI. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (650kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (737kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (757kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (362kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Selama pandemi Covid-19, meskipun industri perbankan Indonesia dikatakan masih memiliki posisis yang kuat, bank bank yang ada di Indonesia terus berusaha mempertahankan posisinya di hadapan publik dan konsumen. Perusahaan mulai mencari strategi yang sesuai untuk membantu mempertahankan loyalitas pelanggan dan citra merek selama pandemi. Salah satu strategi yang telah dibuktikan oleh para peneliti maupun perusahaan adalah penggunaan program Corporate Social Responsibility. BRI sendiri memiliki program CSR yang dikenal dengan nama BRI Peduli. Melalui website resminya, BRI mempublikasikan informasi seputar program CSRnya ini. Selain itu bank BRI juga berhasil mendapatkan penghargaan "TOP CSR Awards 2021 #Star5" dan "TOP Leader on CSR Commitment 2021" menunjukkan keseriusan bank BRI dalam menjalankan program CSR dan bukan sekedar kewajiban semata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program CSR BRI Peduli selama pandemi berhasil membawa pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan bank BRI dimediasi oleh Citra Merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei berupa kuesioner yang disebarkan kepada pengikut akun Instagram Bank BRI (@bankbri_id). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh CSR terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 44,3%, CSR terhadap Citra Merek sebesar 25,8%, Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 19,6%, dan CSR terhadap Loyalitas Pelanggan dimediasi oleh Citra Merek sebesar 37,2%. Dari hasil penelitian ditemukan yaitu setiap hipotesis yang diuji diterima dengan pengaruh yang signifikan pada setiap variabelnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Corporate Social Responsibility, Loyalitas Pelanggan, Citra Merek, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:09 |
Last Modified: | 10 May 2023 07:36 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22180 |
Actions (login required)
View Item |