Hermanto, Tiara Lupita Ayu (2022) Representasi Humor Sinisme pada Brandjacking di dalam Iklan Samsung (Analisis Semiotika Charles S.Peirce dari Iklan Samsung Ingenius:Speed). Bachelor Thesis thesis, UNSPECIFIED.
Abstract
Sebuah merek dalam perusahaan tidak akan pernah luput dari persaingan usaha, yang sampai saat ini kian berkembang menuntutperusahaan untuk dapat mendapatkan perhatian khalayak akan merek atau produk yang dimiliki. Iklan memiliki kontribusi sebagai salah satu cara untuksebuah merek melakukan komunikasi pemasarannya dengan tujuan untuk menggaet perhatian khalayaknya. Iklan produk smartphone milik Samsung "Ingenious" pada tahun 2018 menggunakan konsep brandjacking dengan pendekatan humor sinisme. Iklan tersebut mengandung pesan yang menjatuhkan dan menyindir pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk rupa tanda atau representasi humor sinisme pada brandjacking dalam iklan Samsung Ingenious: Speed. Representasi humor sinisme brandjacking ini berusaha diketahui melalui tanda-tanda berupa pesan, ekpresi wajah, dan gestural yang muncul dalam iklan Samsung Ingenious: Speed. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode penelitiaan semiotika, dan dianalisis menggunakanteknis analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi humor sinisme pada brandjacking dalam iklan Samsung Ingenious: Speed terlihat berdasarkan tandaverbal dan nonverbal yang berhasil diidentifikasi melalui pendalaman trikotomi menurut Charles Sanders Peirce.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:14 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 04:24 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22249 |
Actions (login required)
View Item |