Hermanto, Tiara Lupita Ayu (2022) Representasi Humor Sinisme pada Brandjacking di dalam Iklan Samsung (Analisis Semiotika Charles S.Peirce dari Iklan Samsung Ingenius:Speed). Bachelor Thesis, UNSPECIFIED.
Abstract
Sebuah merek dalam perusahaan tidak akan pernah luput dari persaingan usaha, yang sampai saat ini kian berkembang menuntutperusahaan untuk dapat mendapatkan perhatian khalayak akan merek atau produk yang dimiliki. Iklan memiliki kontribusi sebagai salah satu cara untuksebuah merek melakukan komunikasi pemasarannya dengan tujuan untuk menggaet perhatian khalayaknya. Iklan produk smartphone milik Samsung "Ingenious" pada tahun 2018 menggunakan konsep brandjacking dengan pendekatan humor sinisme. Iklan tersebut mengandung pesan yang menjatuhkan dan menyindir pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk rupa tanda atau representasi humor sinisme pada brandjacking dalam iklan Samsung Ingenious: Speed. Representasi humor sinisme brandjacking ini berusaha diketahui melalui tanda-tanda berupa pesan, ekpresi wajah, dan gestural yang muncul dalam iklan Samsung Ingenious: Speed. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode penelitiaan semiotika, dan dianalisis menggunakanteknis analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi humor sinisme pada brandjacking dalam iklan Samsung Ingenious: Speed terlihat berdasarkan tandaverbal dan nonverbal yang berhasil diidentifikasi melalui pendalaman trikotomi menurut Charles Sanders Peirce.
| Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
|---|---|
| Creators: | Hermanto, Tiara Lupita Ayu (00000030580) |
| Contributors: | |
| Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
| Sustainable Development Goals: | Goal 12. Ensure sustainable consumption and production patterns Goal 16. Promote peaceful and inclusive societies for sustainable development, provide access to justice for all and build effective, accountable and inclusive institutions at all levels Goal 09. Build resilient infrastructure, promote inclusive and sustainable industrialization and foster innovation |
| Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
| Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:14 |
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
