Analisis Kinerja Algoritma Apriori dan Algoritma ECLAT dalam Pembentukan Aturan Asosiasi (Studi Kasus: Toko ATK M Aji)

Silfa Yuliana, Ega (2022) Analisis Kinerja Algoritma Apriori dan Algoritma ECLAT dalam Pembentukan Aturan Asosiasi (Studi Kasus: Toko ATK M Aji). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Toko ATK M Aji merupakan usaha yang bergerak dibidang penjualan alat tulis kantor (ATK). ATK merupakan alat penunjang dalam kegiatan kantor ataupun sekolah dan merupakan barang yang awet karena tidak memiliki waktu batas kadaluarsa. Selama masih ada perkantoran, anak sekolah, dan semua bagian administrasi dari bidang apapun, maka usaha ATK ini akan tetap eksis. Namun semenjak masa pandemi COVID-19 banyak instansi yang melakukan kegiatan operasional secara online yang tentu saja tidak terlalu membutuhkan alat tulis sebagai penunjang kegiatannya yang menyababkan toko M Aji mengalami anjloknya pendapatan. Hingga akhirnya pemerintah mengadakan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang memperbolehkan untuk melakukan kegiatan operasional secara offline. Hal ini menjadikan peluang bagi toko ATK M. Aji untuk memperbaiki strategi pemasarannya. Penelitian ini menggunakan teknik data mining untuk mencari association rule (aturan asosiasi) pada data transaksi Toko ATK M Aji berdasarkan kinerja algoritma Apriori dan algoritma ECLAT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja tiap algoritma tersebut dalam mencari aturan asosiasi dengan membandingkan hasil rule berdasarkan nilai support, confidence, lift ratio, dan waktu eksekusi. Setelah hasil rule didapatkan kemudian mengajukan hasilnya kepada pemilik Toko ATK M aji untuk memberikan pendapatnya apakah setuju atau tidak setuju terhadap hasil tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aturan asosiasi yang didapatkan berdasarkan nilai support, confidence, dan lift ratio dari algoritma Apriori maupun ECLAT memiliki hasil yang sama, namun untuk waktu eksekusi, alogoritma Apriori lebih unggul (lebih cepat) dibandingkan dengan algoritma ECLAT. Rules yang telah didapatkan kemudian dipilih sebanyak 10 rules berdasarkan nilai lift ratio tertinggi, dimana 8 dari 10 rules disetujui pernyataannya oleh pemilik Toko ATK M Aji.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Apriori, Aturan Asosiasi, ECLAT
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:15
Last Modified: 02 Aug 2023 05:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22255

Actions (login required)

View Item View Item