Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Intention to Use Online Food Delivery: Telaah pada Gen Z Calon Pengguna Aplikasi Maxim Food

Calista, Tasya (2022) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Intention to Use Online Food Delivery: Telaah pada Gen Z Calon Pengguna Aplikasi Maxim Food. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini, menyebabkan meningkatnya penggunaan layanan secara digital, khusunya generasi Z yang telah bergantung kepada layanan digital dalam memenuhi kebutuhan sehari- hari, salah satunya melakukan pemesanan makanan / minuman secara online melalui online food-delivery. Terdapat beberapa indikator yang dilihat oleh konsumen dalam menggunakan online food-delivery, yaitu pilihan menu, kecepatan pengantaran, kualitas, dan biaya. Berdasarkan peluang bisnis online food-delivery yang besar, Maxim turut serta meluncurkan Maxim Food untuk memenuhi kebutuhan panngan konsumen secara mudah dan efisien melalui layanan digital. Kehadiran Maxim Food di Indonesia yang masih tergolong baru di dalam industri layanan online food-delivery di Indonesia, menyebabkan Maxim Food masih memiliki pengguna yang sedikit dan harus bersaing secara ketat dengan kompetitornya di Indonesia, seperti GrabFood, GoFood, ShopeeFood, dan Traveloka Eats. Dengan demikian, Maxim Food memiliki tantangan dalam meningkatkan jumlah penggunanya agar dapat bersaing dengan kompetitornya di industri online food-delivery di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa dan mengetahui faktor- faktor yang dapat mempengaruhi Customer Intention to Use online food- delivery pada generasi Z. Untuk mengetahui faktor-faktor tersebut, maka dilakukan penyebaran survei secara online, kemudian data dari survei tersebut dianalisis dengan metode regresi berganda untuk menguji korelasi antar variabel. Hasil survei yang diperoleh adalah 230 responden yang telah lolos screening dan menjawab seluruh pertanyaan kuesioner dengan baik. Hasil survey tersebut dilakukan analisa data dan uji hipotesis melalui software SPSS versi 26. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa Perceived Ease of Use, Trust, Price Saving Benefits, Time Saving Benefits, dan Perceived Severity memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap Customer Intention to Use online food-delivery, sedangkan Perceived Usefulness, Food Safety Risk Perception, dan Perceived Vulnerability tidak memiliki pengaruh terhadap Customer Intention to Use online food-delivery.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust, Price Saving Benefits, Time Saving Benefits, Food Safety Risk Perception, Perceived Severity, Perceived Vulnerability, Customer Intention to Use
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.81 Sales Management
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:16
Last Modified: 09 Jun 2023 08:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22275

Actions (login required)

View Item View Item