Andre Halim, Angelus (2022) Strategi Komunikasi Interpersonal Generasi Z dalam Tahapan Perkembangan Hubungan melalui Media Sosial Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (446kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (317kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
Abstract
Generasi Z merupakan golongan orang-orang yang lekat dengan media sosial dan sudah menjadi bagian dari hidup. Dengan tujuan memperluas relasi, memulai hubungan pertemanan hingga ingin memulai hubungan romantis diperlukan sebuah strategi dalam berkomunikasi. Strategi komunikasi interpersonal menjadi peran penting dalam proses pendekatan yang dilakukan untuk memulai hubungan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang digunakan Generasi Z dalam tahapan perkembangan hubungan melalui media sosial Instagram dan hambatan yang dialami dalam proses tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan melakukan wawancara untuk mengumpulkan data secara mendalam terhadap setiap narasumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh Generasi Z dalam tahapan perkembangan hubungan adalah dengan cara menjadi diri sendiri sesuai pembawaan diri mereka, adapun strategi yang dilakukan sudah dimodifikasi serta penyesuaian setiap individu dan strategi yang menjadi faktor penting agar komunikasi dapat efektif sehingga proses pendekatan berjalan lancar yaitu keterbukaan, empati dan dukungan. Maka dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini, mereka sudah berada di tahap intimacy pada hubungan yang dijalani. Masalah yang dihadapi oleh Generasi Z dalam perkembangan hubungan yang dijalani yaitu adanya perbedaan budaya dan karakteristik seseorang serta terdapat pentingnya peran strategi komunikasi interpersonal bagi Generasi Z karena menjadi faktor berlanjutnya hubungan romantis yang ingin dimulai.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Strategi Komunikasi Interpersonal, Generasi Z, Media Sosial Instagram |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:22 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 08:39 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22341 |
Actions (login required)
View Item |