Pengaruh Content Marketing terhadap Purchase Intention melalui Customer Engagement sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Akun Instagram @Planetban)

Prasetya, Maheza (2022) Pengaruh Content Marketing terhadap Purchase Intention melalui Customer Engagement sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Akun Instagram @Planetban). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)

Abstract

Planet Ban merupakan situs e-commerce dan gerai yang bergerak di bidang otomotif yang aktif menggunakan Instagram sebagai sarana untuk melakukan kegiatan promosi atau pemasaran, salah satu kegiatan pemasaran tersebut dilakukan di akun Instagram @Planetban, secara konsisten Planet Ban melakukan content marketing dengan memanfaatkan kanal Instagram @Planetban untuk membagikan konten yang memiliki nilai kepada audiens atau pengikut dari Instagram @Planetban. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh content marketing dari akun Instagram @Planetban terhadap puchase intention konsumen melalui customer engagement. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep seperti social media marketing, content marketing, purchase intention, dan customer engagement. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif dan bersifat eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survei (kuesioner) dengan taget sampel sebesar 250 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan partial least square (PLS) dengan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh content marketing terhadap purchase intention yang dimediasi oleh customer engagement sebesar T-Statistik 2.56 dan nilai P-Values 0.01 dan hasil R-Square menjelaskan pengaruh content marketing (X) dan customer engagement (Y1) mampu menjelaskan variabilitas konstrak purchase intention (Y2) sebesar 52,8% dan sisanya sebesar 47,2% diterangkan oleh konstrak lainnya diluar yang diteliti dalam penelitian ini. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dalam mempengaruhi purchase intention konsumen secara tidak langsung, Planet Ban berhasil memanfaatkan Instagram @Planetban sebagai wadah untuk melakukan kegiatan pemasaran yang dibungkus dalam strategi pesan melalui content marketing untuk menciptakan respon purchase intention di benak konsumen melalui customer engagement.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media Sosial, Konten Pemasaran, Minat Beli, Keterlibatan Pelanggan.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:24
Last Modified: 02 May 2023 01:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22368

Actions (login required)

View Item View Item