Kitono, Endra (2022) Perancangan Media Kampanye Berbasis Augmented Reality (AR) Mengenai Penanggulangan Limbah Smartphone untuk Usia 20-35 Tahun di Daerah Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (787kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (204kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Electronic waste atau biasa singkat menjadi e-waste merupakan segala jenis peralatan listrik atau elektronik yang sudah tidak terpakai dan tidak bernilai lagi bagi pemiliknya. Dari semua jenis e-waste, smartphone menjadi salah satu jenis e-waste yang menyumbang limbah dengan pertumbuhan tercepat dan menjadi salah satu sumber limbah terbesar yang tak terlihat. Umur smartphone sendiri lebih pendek dibanding jenis e-waste lainnya, dimana umur smartphone kurang lebih 4 tahun, sedangkan jenis e-waste lainnya berumur 4 sampai 7 tahun. Berdasarkan data kuesioner yang telah penulis lakukan, didapatkan angka bahwa 90% dari responden tidak mengetahui dampak berbahaya dari limbah smartphone, sehingga kebanyakan dari responden tidak tahu hal yang harus dilakukan terhadap limbah smartphone mereka. Dalam rangka memberikan informasi terkait limbah smartphone dan mengajak masyarakat untuk ikut bergabung untuk melakukan tindakan daur ulang limbah smartphone, penulis berencana untuk merancang sebuah kampaye interaktif yang berbasis augmented reality sebagai media interaktifnya. Dalam perancangan ini penulis juga menggunakan teori yang dikemukakan oleh Gregory dalam Venus (2018). Dengan adanya perancangan kampanye interaktif ini diharapkan orang menjadi memiliki informasi lebih mengenai dampak bahaya dari limbah smartphone dan juga lebih peduli terhadap limbah smartphone yang dimiliki oleh masing-masing masyarakat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kampanye Interaktif, Augmented Reality (AR), E-waste, limbah Smartphone |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.8 Augmented Reality, Virtual Reality |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:25 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 01:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22385 |
Actions (login required)
View Item |