Perancangan Media Kampanye Berbasis Augmented Reality (AR) Mengenai Penanggulangan Limbah Smartphone untuk Usia 20-35 Tahun di Daerah Jabodetabek

Kitono, Endra (2022) Perancangan Media Kampanye Berbasis Augmented Reality (AR) Mengenai Penanggulangan Limbah Smartphone untuk Usia 20-35 Tahun di Daerah Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Electronic waste atau biasa singkat menjadi e-waste merupakan segala jenis peralatan listrik atau elektronik yang sudah tidak terpakai dan tidak bernilai lagi bagi pemiliknya. Dari semua jenis e-waste, smartphone menjadi salah satu jenis e-waste yang menyumbang limbah dengan pertumbuhan tercepat dan menjadi salah satu sumber limbah terbesar yang tak terlihat. Umur smartphone sendiri lebih pendek dibanding jenis e-waste lainnya, dimana umur smartphone kurang lebih 4 tahun, sedangkan jenis e-waste lainnya berumur 4 sampai 7 tahun. Berdasarkan data kuesioner yang telah penulis lakukan, didapatkan angka bahwa 90% dari responden tidak mengetahui dampak berbahaya dari limbah smartphone, sehingga kebanyakan dari responden tidak tahu hal yang harus dilakukan terhadap limbah smartphone mereka. Dalam rangka memberikan informasi terkait limbah smartphone dan mengajak masyarakat untuk ikut bergabung untuk melakukan tindakan daur ulang limbah smartphone, penulis berencana untuk merancang sebuah kampaye interaktif yang berbasis augmented reality sebagai media interaktifnya. Dalam perancangan ini penulis juga menggunakan teori yang dikemukakan oleh Gregory dalam Venus (2018). Dengan adanya perancangan kampanye interaktif ini diharapkan orang menjadi memiliki informasi lebih mengenai dampak bahaya dari limbah smartphone dan juga lebih peduli terhadap limbah smartphone yang dimiliki oleh masing-masing masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye Interaktif, Augmented Reality (AR), E-waste, limbah Smartphone
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.8 Augmented Reality, Virtual Reality
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:25
Last Modified: 18 Sep 2023 01:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22385

Actions (login required)

View Item View Item