Perancangan Promosi Festival Pesona Meti Kei di Kabupaten Maluku Tenggara

Renwarin, Rosalina (2022) Perancangan Promosi Festival Pesona Meti Kei di Kabupaten Maluku Tenggara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (998kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2016, sebuah fenomena alam dan tradisi bernama Meti Kei dikemas oleh pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menjadi sebuah festival wisata alam dan budaya, guna mendorong sektor pariwisata dan roda perekonomian daerah tersebut. Festival ini lalu dikenal dengan nama Festival Pesona Meti Kei (FPMK). Sejak pelaksanaannya dari tahun 2016 hingga tahun 2019, FMPK mampu menarik jumlah kunjungan wisatawan hingga mencapai 20.000 kunjungan namun harus mengalami penurunan di tahun 2020 dan 2021 akibat pembatasan aktivitas selama pandemi berlangsung. Selain itu, festival ini ternyata masih belum banyak dikenal oleh wisatawan di luar daerah Maluku. Setelah dilakukan penelusuran data terkait strategi promosi yang dilakukan, ternyata festival ini masih belum memiliki official website. Untuk membantu menjawab tantangan yang ada, peneliti memanfaatkan metode The Double Diamond Model of Design dan tahapan AISAS dalam merancangan media promosi FPMK hingga diperoleh dua media yaitu, media utama dan media sekunder. Dari hasil uji coba A/B testing perancangan ini dianggap dapat menjawab tantangan promosi dan menarik dapat minat wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Kei saat periode Festival Pesona Meti Kei dengan beberapa catatan iterasi konten, visual, dan interaktivitas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: perancangan, promosi, festival wisata, pesona meti kei
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
900 History and Geography > 910 Geography and Travel > 910 Geography and Travel, Tourism
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:27
Last Modified: 19 Sep 2023 02:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22403

Actions (login required)

View Item View Item