Pengaruh Terpaan Informasi Vaksin COVID-19 melalui Instagram @kemenkes_ri terhadap Sikap Followers

Ayu Az Zahra, Laras (2022) Pengaruh Terpaan Informasi Vaksin COVID-19 melalui Instagram @kemenkes_ri terhadap Sikap Followers. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Munculnya virus COVID-19 yang tersebar di berbagai dunia menjadi ancaman kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dalam menghadapi virus tersebut, para ilmuwan telah menemukan vaksinasi COVID-19 untuk mengatasinya. Namun, ditemukannya vaksinasi COVID-19 menjadi tantangan bagi pemerintah Indonesia dalam memberikan informasi kepada masyarakat agar muncul sikap masyarakat untuk setuju menerima vaksinasi COVID-19. Di tengah keterbatasan pandemi COVID-19, pemerintah menyampaikan informasi vaksinasi COVID-19 melalui Instagram Kementerian Kesehatan Republik Indonesia @kemenkes_ri melalui informasi yang dibagikan dalam akun Instagram tersebut. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan informasi vaksin COVID-19 yang dilakukan dalam Instagram @kemenkes_ri terhadap sikap followers. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Kemudian, sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik non probability purposive sampling menggunakan metode survei online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah social judgement theory, serta menggunakan konsep online public relations, media sosial, Instagram, terpaan informasi melalui media dan sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel terpaan informasi (X) memengaruhi variabel sikap (Y) sebesar 0,606 atau 60,6%. Sedangkan sisanya sebesar 39,4% variabel Y dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diketahui dan tidak dibahas penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: COVID-19, Instagram, Online Public Relations, Sikap, Terpaan Informasi melalui Media
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:27
Last Modified: 15 Apr 2023 06:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22405

Actions (login required)

View Item View Item