Analisa dan Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) pada PT Mardohar Catur Tunggal Gaya

Raihan Gifari Qowindra, Muhammad (2022) Analisa dan Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) pada PT Mardohar Catur Tunggal Gaya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

PT Mardohar Catur Tunggal Gaya (Mardohar) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi garmen yang mengkhususkan diri dalam produksi pakaian keselamatan kerja dan pakaian kerja untuk industri. Mardohar memproduksi berbagai macam pakaian keselamatan kerja dan pakaian industri seperti coveralls tahan api, pakaian kerja tahan angin dan tahan air, jas hujan, jaket hi-vis, pakaian tahan bahan kimia, hingga rompi keselamatan. Selain itu Mardohar juga memproduksi aksesori untuk perlengkapan keselamatan kerja seperti helm pengaman, kacamata pengaman dan safety boots. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan merancang sistem ERP pada PT Mardohar Catur Tunggal Gaya yang diharapkan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja dan kualitas informasi yang dikelola perusahaan. Dalam penelitian ini metode yang akan digunakan adalah Rapid Application Development (RAD). Pemilihan metode RAD sangat sesuai dengan perancangan ERP pada perusahaan ini karena pengembang sistem dan user akan berdiskusi berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan user dalam penerapan sistem ERP. Perancangan ERP akan dilakukan dengan menggunakan Software ERP yaitu Odoo. Odoo merupakan sebuah software open source ERP yang terintegrasi dan memiliki sistem manajemen bisnis yang bersifat license-free yang mampu untuk membantu menentukan kebutuhan area bisnis yang besar, sedang, dan kecil. Hasil yang akan diusulkan pada penelitian ini berupa sistem ERP menggunakan modul Sales, Accounting, Inventory, Manufacturing dan Purhcase dengan Odoo serta pengujian sistem dan evaluasi sistem kepada user yang ada di perusahaan PT Mardohar Catur Tunggal Gaya dan dinyatakan bahwa sudah cukup baik maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan sistem ERP ini dapat meningkatkan kinerja dan kualitas informasi yang dikelola oleh perusahaan PT Mardohar Catur Tunggal Gaya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ERP, modul ERP, Odoo, perancangan, Rapid Application Development
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:56
Last Modified: 03 Aug 2023 01:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22448

Actions (login required)

View Item View Item