Produksi Program Podcast Cerita Mereka dengan Topik Magang Tanpa Bayaran (Unpaid Internship)

Aisyah Sheilanabilla, Salwa (2022) Produksi Program Podcast Cerita Mereka dengan Topik Magang Tanpa Bayaran (Unpaid Internship). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Podcast Cerita Mereka adalah sebuah program podcast yang menghadirkan cerita pengalaman magang mahasiswa yang berujung pada eksploitasi. Diproduksi dengan menerapkan konsep audio features yang menyajikan vox pop, narasi, cerita narasumber dan tanggapan ahli. Podcast Cerita Mereka memiliki empat episode berdurasi 30 sampai 37 menit, tayang di Spotify Alinea.id Podcast. Episode dua berjudul "Hukum Banyak Celah, Pemagang Kena Getah" dan episode empat bertajuk "Kurela Magang Dibayar Pengalaman," merupakan episode yang diproduksi sendiri oleh penulis dengan mengangkat topik magang tanpa dibayar (unpaid internship). Di episode dua menghadirkan cerita narasumber I dan L yang pernah magang di perusahaan media. Episode empat merupakan lanjutan dari cerita L dan cerita dari E yang pernah magang di perusahaan start-up. Atas permintaan dan demi alasan keamanan, seluruh narasumber meminta untuk menggunakan inisial. Podcast juga menghadirkan pakar hukum, di antaranya Dosen Hukum Ketenagakerjaan Universitas Gadjah Mada, Nabiyla Risfa Izzati, Dosen Hukum Universitas Pelita Harapan, Rizky Karo Karo, dan CEO Barack Legal, Edgar Handoko. Aturan mengenai kewajiban perusahaan memberikan uang saku untuk pemagang telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2020. Namun, banyak perusahaan secara terang-terangan membuka lowongan unpaid internship. Tak sedikit yang berpendapat unpaid internship bisa berujung pada eksploitasi kerja dengan memanfaatkan tenaga kerja gratis. Oleh karena itu, podcast ini hadir sebagai upaya untuk memberikan informasi kepada khalayak, terutama mereka yang melakukan magang sebagai syarat kelulusan mengenai praktik dan polemik unpaid internship.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Magang, Podcast, dan Unpaid internship Klaster: Programming-based Project
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.44 Radio Show
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:58
Last Modified: 29 May 2023 06:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22466

Actions (login required)

View Item View Item