Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Algoritma Sorting Menggunakan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking

Hendrawan, Rido (2022) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Algoritma Sorting Menggunakan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi pada zaman sekarang membuka banyak kebutuhan dalam lapangan pekerjaan digital seperti programmer. Untuk menjadi seorang program- mer diperlukannya pemahaman akan algoritma pemrograman dalam mempelajari algoritma pemrograman. Pada media pembelajaran pemrograman fisik ditemukan- nya kesulitan saat mempelajari algoritma pemrograman karena pelajar tidak dapat melihat proses dari algoritma pemrograman yang dipelajari oleh karena itu dibuat- nya aplikasi untuk membantu pembelajaran pemrograman melalui media fisik dan membuatnya menjadi lebih menarik dengan menggunakan augmented reality. Pada pengujian sistem dengan metode black-box testing mendapatkan jawaban sukses pada setiap skenario pada uji coba aplikasi. Hasil Penelitian menunjukkan anali- sis dari metode marker based tracking yang diuji coba dengan indikator variabel membuktikan aplikasi berhasil memunculkan objek 3 dimensi pada jarak minimum terendah adalah 10 cm dan untuk jarak maximum tertinggi yang didapatkan adalah 163 cm, pada kondisi intensitas cahaya terendah yaitu 192 lux dan intensitas cahaya tetinggi dengan 1620 lux, serta spesifikasi kamera smartphone juga mempengaruhi jarak pendeteksian marker. Berdasarkan kuesioner yang telah dibagikan dari 36 re- sponden pengguna mendapatkan hasil persentase diatas 80% pada setiap pertanyaan yang ditanyakan yang menyatakan aplikasi sangat efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Algoritma Pemrograman, Aplikasi Pembelajaran, Augmented Reality, Kartu Belajar, Marker Based Tracking
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:03
Last Modified: 24 Aug 2023 06:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22487

Actions (login required)

View Item View Item