Augusta, Verencia (2022) Pengaruh Nct Dream sebagai Brand Ambassador Lemonilo terhadap Impulsive Buying Behaviour Nctzen Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (453kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (136kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
NCT Dream terpilih sebagai brand ambassador Lemonilo untuk mempromosikan dan membawa pesan kepada generasi muda untuk menerapkan gaya hidup sehat khususnya dalam mengonsumsi mi instan. Melalui kolaborasi ini, Lemonilo menghadirkan inisiatif baru dimana fans NCT Dream berkesempatan untuk mendapatkan photocard NCT Dream apabila melakukan pembelian. Namun, tanpa sadar peran NCT Dream selaku duta merek Lemonilo menyebabkan adanya perubahan perilaku NCTzen dalam membeli produk Mi Instan Lemonilo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh NCT Dream sebagai brand ambassador Lemonilo terhadap impulsive buying behaviour NCTzen Indonesia. Adapun 1 teori dan 2 konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Elaboration Likelihood Model Theory,Brand Ambassador, dan Impulsive Buying Behaviour. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut akun Twitter @NCTDreamINA dan menggunakan purposive sampling. Kuesioner telah diisi oleh 500 responden dengan kriteria seorang WNI berusia 15-25 tahun, pernah membeli album NCT Dream, dan pengikut akun Twitter @NCTDreamINA. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh NCT Dream sebagai brand ambassador Lemonilo terhadap perilaku pembelian impulsif tergolong rendah yakni sebesar 8,2% dikarenakan fokus utama NCTzen hanya pada photocard. Jika dikaitkan dengan teori ELM, komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Lemonilo adalah rute periferal dengan proses keterlibatan pesan yaitu hadiah berupa photocard yang terdapat dalamkemasan. Pembelian yang dilakukan oleh NCTzen Indonesia juga termasuk dalamplanned impulse, sebagai suatu kondisi dimana seseorang melakukan pembelian karena adanya penawaran spesial dari merek.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | brand ambassador, impulsive buying behaviour, Lemonilo, NCT Dream. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:03 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 05:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22488 |
Actions (login required)
View Item |