Analisis Pengaruh Personal Attitude dan Social Perception terhadap Women Entrepreneurial Intention di Kota Tangerang

Sari Nurani, Anggun (2022) Analisis Pengaruh Personal Attitude dan Social Perception terhadap Women Entrepreneurial Intention di Kota Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa berbagai dampak negatif seperti perekonomian diberbagai negara termasuk di Indonesia, tidak hanya itu adanya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) memperlambat perekonomian dan membuat perusahaan melakukan PHK terhadap karyawan. Oleh karena itu, pengangguran di Indonesia naik menjadi 9,77 juta orang. Cara untuk menangani hal tersebut yaitu dengan kewirausahaan salah satunya mendorong perempuan untuk berwirausaha, namun angka kewirausahaan di Indonesia masih kecil sebesar 3,47% dibanding dengan negara tetangga. Kewirausahaan memegang peran penting dalam perekonomian, ditemukan sebanyak 53,76% usaha dimiliki oleh perempuan baik dari sektor formal dan informal. Namun terdapat beberapa hambatan yang membuat perempuan enggan untuk memulai berwirausaha atau menjadi seorang entrepreneur. Dalam hal ini personal attitude, social perception, dan entrepreneurial intention berperan penting dalam meningkatkan niat berwirausaha perempuan di wilayah Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online dan offline kepada 200 responden perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Non-probability sampling dengan judgemental sampling dengan kriteria 20-50 tahun berdomisili di wilayah Kota Tangerang. Pengolahan data menggunakan metode SEM dengan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa personal attitude, social perception berpengaruh positif terhadap women entrepreneurial intention, social perception berpengaruh positif terhadap personal attitude, psychological characteristics berpengaruh positif terhadap individual competencies, dan individual competencies berpengaruh positif terhadap personal attitude. Sedangkan psychological characteristics tidak berpengaruh terhadap personal attitude. Hasil ini menyimpulkan bahwa women entrepreneurial intention dipengaruhi oleh personal attitude dan social perception sehingga dapat meningkatkan niat kewirausahaan perempuan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: women entrepreneurial intention, personal attitude, social perception, psychological characteristics, individual competencies Click here to enter text.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, and physiological drives
300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.04 Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:06
Last Modified: 28 Jun 2023 07:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22504

Actions (login required)

View Item View Item