Tantangan, Stigma, dan Serangan Diskriminasi terhadap Kelompok Lgbtq+: Sebuah Audio Storytelling

Haykal Arsya Abbas, Muhammad (2022) Tantangan, Stigma, dan Serangan Diskriminasi terhadap Kelompok Lgbtq+: Sebuah Audio Storytelling. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Isu LGBTQ+ merupakan isu yang sering muncul di berbagai media sekalipun dalam skala global maupun nasional, kelompok LGBTQ+ masih menjadi kelompok minoritas sehingga informasi terkait tantangan, stigma, dan serangan diskriminasi terhadap kelompok LGBTQ+ jarang dibahas oleh media. Karena itu, tujuan utama pembuatan karya ini untuk memberi informasi rinci terkait isu LGBTQ+ melalui produk jurnalistik audio storytelling sehingga dapat memberi perspektif baru yang informatif dan edukatif kepada khalayak umum karena audio merupakan media yang cukup efektif untuk menyampaikan informasi. Dengan mengangkat topik tantangan, stigma, dan serangan diskriminasi terhadap kelompok LGBTQ+ penulis mengundang dua narasumber untuk menceritakan kehidupan pribadi sebagai individu LGBTQ+, satu narasumber psikolog untuk membahas LGBTQ+ dalam ilmu psikolog, dan satu narasumber dari organisasi LGBTQ+ Indonesia yang menjelaskan peran untuk menegakkan keadilan kelompok LGBTQ+ di Indonesia dengan durasi 64 menit 37 detik. Penulis akan membagi ke dalam delapan segmen dengan masing-masing 5-10 menit per segmen dan selama proses produksi, penulis terlibat sebagai produser, narator, dan editor. Hasil dari karya audio storytelling ini diunggah ke tiga platform seperti Spotify, SoundCloud, dan Anchor. Penulis menyadari tantangan memproduksi sebuah karya audio storytelling secara daring atau virtual. Hal ini membuat penulis harus menyesuaikan dengan situasi kondisi karena proses pembuatan karya ini seluruhnya dilakukan di dalam rumah dari tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Audio Storytelling, Media, LGBTQ+, dan Identitas. Klaster: Reporting-based Project
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.5 Cartoons, Caricatures, Comics Drawings, Comic Books
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:07
Last Modified: 16 Jun 2023 07:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22511

Actions (login required)

View Item View Item