Pengukuran Tingkat Kapabilitas Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus: PT Andalan Bunda Bijak)

Sanjaya, Dicky (2022) Pengukuran Tingkat Kapabilitas Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus: PT Andalan Bunda Bijak). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

PT Andalan Bunda Bijak merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi perlengkapan bayi. Dalam menjalankan bisnisnya, PT Andalan Bunda Bijak menerapkan suatu sistem yang bernama MySoft untuk membantu aktivitas bisnis perusahaan. Perkembangan bisnis dari perusahaan belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan masih adanya permasalahan yang berhubungan dengan manajemen risiko (tidak adanya SOP penanganan masalah, tidak adanya divisi untuk menangani masalah, dan tidak adanya pencatatan masalah) dan keamanan informasi (tidak adanya kebijakan keamanan informasi dan tidak ada pelatihan keamanan informasi). Dengan adanya permasalahan ini maka diperlukan adanya pengukuran tingkat kapabilitas terhadap tata kelola teknologi informasi perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kapabilitas tata kelola teknologi informasi perusahaan dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 5. Penelitian ini menggunakan 3 domain (EDM, APO, dan DSS) dan 4 proses (EDM03, APO12, APO13, dan DSS05) yang didapatkan dari hasil pemetaan visi, misi, tujuan, dan strategi PT Andalan Bunda Bijak terhadap permasalahan yang dihadapi perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada pimpinan dan manajer operasional perusahaan dan observasi terhadap sistem, dokumen, dan lingkungan perusahaan. Hasil dari penelitian ini menetapkan setiap proses berada pada level 1 (performed process). Nilai tingkat kapabilitas yang dicapai EDM03 sebesar 81,97%, APO12 sebesar 59,20%, APO13 sebesar 51,62%, dan DSS05 sebesar 74,90%. Terdapat kesenjangan 1 level antara tingkat kapabilitas keadaan perusahaan saat ini dengan tingkat kapabilitas harapan perusahaan. Terdapat 28 rekomendasi perbaikan yang diberikan kepada perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Audit Teknologi Informasi, Capability Level, COBIT 5, PT Andalan Bunda Bijak
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:09
Last Modified: 02 Aug 2023 06:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22522

Actions (login required)

View Item View Item