Perbedaan Tingkat Kepercayaan Generasi-Z di DKI Jakarta terhadap Berita Cek Fakta Kompas.com dan yang Dibagikan Influencer

Claritta, Amadea (2022) Perbedaan Tingkat Kepercayaan Generasi-Z di DKI Jakarta terhadap Berita Cek Fakta Kompas.com dan yang Dibagikan Influencer. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kegiatan pengecekan fakta atau biasa dikenal dengan fact-checking merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa organisasi maupun media untuk melawan maraknya penyebaran hoaks serta memberikan fakta akurat kepada masyarakat, khususnya pada kondisi pandemi Covid-19 sejak Maret 2020. Distribusi berita cek fakta juga semakin mengikuti perkembangan teknologi dengan menyebarkannya lewat media sosial, yang mana menjadi salah satu sumber informasi para generasi muda, khususnya generasi-Z sebagai populasi penelitian ini. Berbagai kalangan masyarakat dapat mendapatkan informasi dari media sosial, bahkan hanya dengan melihat komentar atau unggahan teman, keluarga, bahkan seorang figur publik atau selebritas. Berita yang dibagikan oleh figur publik terpercaya di media sosial pun akan lebih dipercaya oleh masyarakat. Sama halnya dengan figur publik, influencer menjadi sosok yang dipandang oleh para generasi muda di zaman digital ini dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap influencer dianggap cukup tinggi karena hubungannya dengan masyarakat yang lebih kuat daripada dengan figur publik. Maka dari itu, penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen ini hadir untuk melihat bagaimana perbedaan tingkat kepercayaan generasi-Z di DKI Jakarta terhadap berita cek fakta Kompas.com dan yang dibagikan oleh influencer. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori S-O-R dan menggunakan indikator tingkat kepercayaan. Dengan menggunakan uji Mann-Whitney, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan terhadap tingkat kepercayaan berita antara kedua kelompok eksperimen.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: tingkat kepercayaan berita, berita cek fakta, media sosial, generasi-Z
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:12
Last Modified: 21 Nov 2024 01:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22535

Actions (login required)

View Item View Item