Claritta, Amadea (2022) Perbedaan Tingkat Kepercayaan Generasi-Z di DKI Jakarta terhadap Berita Cek Fakta Kompas.com dan yang Dibagikan Influencer. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (542kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (324kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kegiatan pengecekan fakta atau biasa dikenal dengan fact-checking merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa organisasi maupun media untuk melawan maraknya penyebaran hoaks serta memberikan fakta akurat kepada masyarakat, khususnya pada kondisi pandemi Covid-19 sejak Maret 2020. Distribusi berita cek fakta juga semakin mengikuti perkembangan teknologi dengan menyebarkannya lewat media sosial, yang mana menjadi salah satu sumber informasi para generasi muda, khususnya generasi-Z sebagai populasi penelitian ini. Berbagai kalangan masyarakat dapat mendapatkan informasi dari media sosial, bahkan hanya dengan melihat komentar atau unggahan teman, keluarga, bahkan seorang figur publik atau selebritas. Berita yang dibagikan oleh figur publik terpercaya di media sosial pun akan lebih dipercaya oleh masyarakat. Sama halnya dengan figur publik, influencer menjadi sosok yang dipandang oleh para generasi muda di zaman digital ini dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap influencer dianggap cukup tinggi karena hubungannya dengan masyarakat yang lebih kuat daripada dengan figur publik. Maka dari itu, penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen ini hadir untuk melihat bagaimana perbedaan tingkat kepercayaan generasi-Z di DKI Jakarta terhadap berita cek fakta Kompas.com dan yang dibagikan oleh influencer. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori S-O-R dan menggunakan indikator tingkat kepercayaan. Dengan menggunakan uji Mann-Whitney, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan terhadap tingkat kepercayaan berita antara kedua kelompok eksperimen.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | tingkat kepercayaan berita, berita cek fakta, media sosial, generasi-Z |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:12 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22535 |
Actions (login required)
View Item |