Nursanti, Virly (2022) Representasi Stereotip Perempuan Berhijab dalam Content Marketing di Media Sosial Youtube "HIJUP" melalui #EmpowerChange. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (753kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (169kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui representasi stereotip perempuan berhijab dalam content marketing di media sosial Youtube HIJUP melalui #EmpowerChange. Penelitian ini menggunakan konsep representasi, stereotip, perempuan dan hijab, content marketing, dan media sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dengan video content marketing HIJUP #EmpowerChange sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotik menurut Roland Barthes dengan menganalisis makna denotasi, konotasi, dan mitos melalui kajian sintagmatik dan paradigmatik, serta pembacaan 5 kode yang terdapat dalam video, dan penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sebagai teknik keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 56 adegan terdapat 11 adegan dalam video yang mengandung dan berkaitan dengan unsur-unsur stereotip sehingga dapat ditemukan adanya representasi stereotip perempuan berhijab dalam video content marketing HIJUP #EmpowerChange. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat stereotip baru yang terbentuk yaitu perempuan berhijab tidak boleh kreatif karena dapat merusak ajaran agama serta video ini ingin memperlihatkan bahwa stereotip baru tersebut dapat dilawan dan dipatahkan yaitu menunjukkan bahwa perempuan berhijab tetap dapat kreatif tanpa merusak ajaran agama.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | representasi, stereotip, perempuan berhijab, content marketing |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 07:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22544 |
Actions (login required)
View Item |