Peran Ilustrator Komik Jopa Jopi pada PT Budi Digdaya Berkah Santosa

Devara Juwastra Putra, Ega (2022) Peran Ilustrator Komik Jopa Jopi pada PT Budi Digdaya Berkah Santosa. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi telah membawa dampak dan pengaruh terhadap perkembangan konten ilustrasi digital. Sebelumnya animasi dan seni audio visual berfokus pada platform seperti film dan televisi, namun sekarang animasi dan ilustrasi telah berkembang dan memasuki dunia digital dengan menggunakan media sosial sebagai platform utama untuk berkreasi. Bekerja di industri kreatif dan mengenal dunia kerja di industri kreatif khususnya di bidang animasi dan seni modern selalu menjadi salah satu cita-cita banyak kreator muda dan mahasiswa animasi pada umumnya. Perkembangan media online juga telah menciptakan berbagai macam pekerjaan dan tempat bagi seniman digital untuk mengekspresikan diri. Komik merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan ide atau gagasan secara lebih interaktif, ilustrasi dan gambar merupakan contoh penyampaian informasi secara interaktif dalam komik. Di Indonesia sendiri komik sudah berkembang sejak tahun 1930-an, saat itu komik di Indonesia masih didominasi oleh media cetak seperti koran, majalah, dan buku untuk dibagikan kepada masyarakat luas. Komik di Indonesia telah melalui perjalanan panjang, baik dari segi media, tujuan penciptaan, hingga genre dan cerita yang diangkat. Singkat cerita, komik Indonesia memasuki era digital yang dimulai pada tahun 2000-an. Ilustrator digital dikerjakan oleh dua orang yang bertugas memvisualisasikan ide menjadi karya visual yang menarik. Karya-karya ilustrator akan dilihat dan dinikmati oleh penonton. Selain tugas utama menggarap komik, ilustrator juga ditugaskan untuk menyediakan aset untuk kebutuhan lain seperti cerita Instagram, sampul, aset, dan tugas visual lainnya. Divisi editor video sangat diperlukan. Selain menggarap komik untuk kebutuhan pakan, memproduksi komik pendek dalam bentuk gulungan yang memiliki format video. Disinilah peran seorang editor video dibutuhkan, selain untuk mengedit video, seorang editor juga dituntut untuk menganimasikan aset yang telah disediakan untuk dijadikan video animasi. Sangat disayangkan bahwa selama masa magang yang penulis jalankan, tidak ada magang yang ditugaskan sebagai editor video. Admin media sosial adalah baris terakhir dan menjadi wajah dari perusahaan yang dilihat oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Magang, ilustrator, komik, industri kreatif.
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:06
Last Modified: 04 Sep 2023 01:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22617

Actions (login required)

View Item View Item