Peran Data Analyst dalam Memvisualisasikan Data Penjualan PT Sentral Electric

Nugraha, Farhan Adjie (2022) Peran Data Analyst dalam Memvisualisasikan Data Penjualan PT Sentral Electric. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Praktik kerja magang dilakukan di PT Sentral Electric yang dilaksanakan selama 42 hari bertujuan untuk membuat visualisasi data penjualan dan telah dilakukan di PT Sentral Electric. Dibuatnya visualisasi data ini untuk memberikan sebuah visual atau gambaran pada perusahaan mengenai penjualan dalam bentuk sebuah grafik atau bagan. Visualisasi data dapat mempermudah dalam memahami data dari penjualan perusahaan dan pengambilan keputusan. Visualisasi data dilakukan dengan menggunakan software Tableau. Tableau adalah software yang digunakan dalam membuat sebuah visualisasi data. Visualisasi data dapat mempermudah pemahaman data dari perusahaan dan dalam pengambilan keputusan. Pada praktik kerja magang ini tugas yang diberikan yaitu untuk mempelajari cara menggunakan software-nya terlebih dahulu dan menyediakan dashboard yang nantinya akan menampilkan data perusahaan yang kemudian akan dipresentasikan kepada Direktur Utama. Pada praktik magang ini melibatkan sebuah proses cleansing, pembuatan sheet, dan pembuatan dashboard yang akan ditampilkan. Data yang ditampilkan nantinya berupa grafik dan angka dari hasil penjualan yang dilakukan oleh perusahaan. Dilakukan praktik kerja magang ini bertujuan agar memberikan pengalaman dan pemahaman untuk nantinya di dalam dunia kerja, untuk mempelajari hal baru dalam bidang Big Data dan cara memenuhi user requirement dari customer. Hal yang didapatkan selama pelaksaan praktik kerja magang yang dilaksanakan selama 42 hari adalah dapat memperlihatkan data penjualan tahun 2017 hingga 2021. Bahwa pendapatan tiap tahunnya merosot dalam jumlah yang cukup signifikan. Oleh karena itu, peusahaan membutuhkan gambaran atau visualisasi data yang jelas agar bisa mengambil sebuah tindakan yang sesuai untuk mengatasi penurunan penjualan tersebut.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: big data, data visualisasi, PT Sentral Electric, Tableau
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:34
Last Modified: 03 Aug 2023 03:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22632

Actions (login required)

View Item View Item