Pelaksanaan Magang pada Departemen Finance and Accounting Hotel Mercure Alam Sutera

Sepbrian, Leonardo (2022) Pelaksanaan Magang pada Departemen Finance and Accounting Hotel Mercure Alam Sutera. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan kerja magang dilakukan selama 90 hari di Hotel Mercure Alam Sutera sebagai trainee finance and accounting. Selama kerja magang, tugas yang diberikan yaitu melakukan penerimaan supplies dari supplier, melakukan update kartu stock perlengkapan (Bin Card), membuat tanda terima invoice asli dari supplier (tukar faktur), melakukan pencocokkan transaksi penerimaan (Detail Cash Cashier dan Daily Cashier Record) dengan lampiran nota fisik, melakukan pencocokkan City Ledger dengan rekapan City Ledger, melakukan pencocokkan invoice pesanan tamu dengan rekap pesanan harian (Credit Card Transaction), membuat nomor invoice (invoicing) atas transaksi kartu kredit, menginput pengakuan pendapatan harian di sistem perusahaan (Realta Global System), dan membuat Proforma Invoice. Selama proses pelaksanaan kerja magang, terdapat beberapa kendala yang pernah ditemukan. Kendala yang pertama yaitu ketidaksesuaian jumlah barang yang tersedia di gudang dengan yang tercatat pada balance Bin Card. Solusi untuk mengatasi kendala ini yaitu melakukan pengecekan kembali secara berkala terhadap jumlah barang diserahkan kepada departemen lain berdasarkan Store Requisition (SR) dengan jumlah yang sudah dikurangi pada Bin Card. Kendala yang kedua yaitu tidak lengkapnya bukti fisik transaksi saat dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen Detail Cash Cashier dan Daily Cashier Record. Kendala yang ketiga yaitu tidak lengkapnya dokumen City Ledger. Kendala yang keempat yaitu tidak lengkapnya sales draft, settlement, dan audit report. Solusi untuk mengatasi tiga kendala tersebut yaitu dengan memeriksa kembali brankas dokumen Front Office dan menghubungi pihak Front Office apabila dokumen tersebut tidak ditemukan. Kendala yang terakhir yaitu adanya kesalahan input transaksi kartu kredit yang sudah di-settle oleh staf Front Office pada dokumen Summary Credit Card Transaction. Solusi untuk mengatasi kendala ini yaitu menghubungi pihak Front Office untuk memperbaiki penginputan transaksi kartu kredit yang sudah di-settle tersebut.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: credit transaction, invoice, ledger, posting, reconciliation
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:39
Last Modified: 23 May 2023 02:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22662

Actions (login required)

View Item View Item