Peran Internal Auditor dalam Internal Quality Audit Process pada PT Accelist Lentera Indonesia

Kevin Martin, Kevin Martin (2022) Peran Internal Auditor dalam Internal Quality Audit Process pada PT Accelist Lentera Indonesia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ketatnya persaingan usaha pada era globalisasi dan serba digital saat ini, membuat perusahaan secara tidak langsung dituntut untuk mempunyai nilai lebih serta keunggulan kompetitif agar dapat selalu bertahan dan bersaing mengalahkan para kompetitornya. Salah satu perusahaan yang saat ini mulai bergerak untuk men- jamin kualitas dan meningkatkan kepuasan para pelanggannya adalah PT Accelist Lentera Indonesia, yang mana merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang IT services dengan 3 (tiga) fokus layanan, yaitu technology, aviation dan digital marketing. Proses untuk dapat meningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan tersebut dilakukan melalui proses internal audit oleh internal auditor untuk melakukan pengendalian internal dan memastikan bahwa setiap requirement yang dibutuhkan untuk tujuan sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dapat terpenuhi dengan baik. Dalam hal ini, seorang internal auditor memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membuat perencanaan dan pembahasan terkait dengan internal quality audit process, melaksanakan kegiatan observasi dan wawancara bersama auditee, menganalisis temuan audit dan dampaknya, memberikan rekomendasi hasil dari analisis, mempersiapkan laporan untuk ditandatangani sebagai bentuk approval, sampai dengan melakukan proses follow-up untuk hasil audit yang telah dilakukan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan proyek internal audit pada 4 (empat) divisi yang ada di PT Accelist Lentera Indonesia menunjukkan bahwa terdapat be- berapa temuan mengenai related document yang masih belum tersedia dalam menjalankan alur dari proses bisnis yang telah dibuat pada dokumen SOP (standar operasional prosedur). Dengan begitu, perlu adanya tindak lanjut dari perusahaan atas rekomendasi perbaikan yang telah diberikan, supaya dapat mengatasi setiap temuan, serta menjadi lebih optimal untuk pelaksanaannya pada masa mendatang.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Audit Internal, Auditor Internal, ISO 9001:2015, PT Accelist Lentera Indonesia, Sistem Manajemen Mutu
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.4013 Control and Quality Management
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:41
Last Modified: 03 Aug 2023 06:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22680

Actions (login required)

View Item View Item