Peran Redaksi Pasang Mata sebagai Gatekeepers dalam Proses Produksi Berita Citizen Journalism pada pasangmata.detik.com

Oswaldo, Ignacio Geordi (2022) Peran Redaksi Pasang Mata sebagai Gatekeepers dalam Proses Produksi Berita Citizen Journalism pada pasangmata.detik.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)

Abstract

Media mempunyai fungsi serta peran untuk menyampaikan dan menyebarluaskan sebuah informasi kepada khalayak umum. Selama masa pandemik COVID-19, media mengalami berbagai macam kendala dalam menjalankan peran dan fungsinya seperti kendala saat melaksanakan liputan lapangan karena adanya resiko kesehatan, penerapan protokol kesehatan dan PSBB, serta berbagai macam kendala lainnya. Untuk mengatasi berbagai macam kendala tersebut, citizen journalism dapat dimanfaatkan sebagai salah satu solusi alternatif. Salah satu media yang memanfaatkan keberadaan citizen journalism tersebut adalah detikcom melalui kanal PasangMata miliknya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran redaksi PasangMata sebagai gatekeepers dalam proses produksi berita citizen journalism seputar pada pasangmata.detik.com. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan dua key informan yakni anggota redaksi PasangMata dan hasil wawancara dengan dua informan tambahan yakni jurnalis warga/kontributor PasangMata. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa redaksi PasangMata memiliki peran sebagai gatekeepers dalam proses produksi berita citizen journalism. Dalam hal ini redaksi PasangMata berperan sebagai moderator yang fungsinya adalah melakukan proses seleksi berita, verifikasi berita, editing, serta penempatan topik dan publikasi..

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Covid-19, Gatekeepers, Jurnalisme Warga, Redaksional, PasangMata
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Jul 2022 09:27
Last Modified: 28 Apr 2023 07:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22832

Actions (login required)

View Item View Item