Clysia Sabandar, Michelle (2022) Peran Innovation Capability dan Social Media Marketing Capability dalam Meningkatkan Social Media Performance : Studi Empirical pada Florist di Jawa. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (121kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (83kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (918kB) |
Abstract
Social Media menjadi salah satu alat yang terpenting dalam menjalani bisnis. Dengan berbagai fitur serta kemudahan yang ditawarkan, Social Media menjadi salah satu yang diandalkan pembisnis dalam membangun bisnisnya. Apalagi, Social Media juga membantu para pembisnis untuk bisa lebih memahami apa yang menjadi kebutuhan customer serta tempat untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Innovasi Capability terhadap Social Media Marketing Capability dan Social Media Performance terhadap SME's Florist di Jawa. Florist adalah bagian dari industry creative bisnis yang cukup besar di Indonesia. Meskipun cukup besar, namun hingga saat ini masih jarang ada penelitian yang secara spesifik membicarakan industri kreatif Florist sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang menganalisis 98 responden yang dikumpulkan menggunakan kuisioner online. Teori yang digunakan adalah Resource Based Theory (RBT) dimana dan teknik analisis dengan menggunkan SMART-PLS. Social Media Marketing Communication Capability, Social Media Product Development, dan Innovation Capability adalah variable yang diteliti untuk mengetahui apakah akan menghasilkan Social Media Performance untuk SME's Florist di Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Innovation Capability tidak menghasilkan Social Media Performance dengan t-value 0,618 dan p-value 0,537. Social Media Marketing Communication Capability juga tidak mampu menghasilkan Social Media Performance dengan t-value 1,085 dan p-value 0,278. Sedangkan Social Media Product Development Capability memiliki peranan yang besar dalam menghasilkan Social Media Performance. Artinya, dari ketiga variable tersebut, hanya Social Media Product Development yang memiliki peran significant dalam menghasilkan Social Media Performance. Implikasi teoritis dari penelitian ini adalah memberikan insight bagi SME's Florist di Jawa strategi mana yang terbaik untuk menghasilkan Social Media Performance. Apa saja yang Florist bisa gunakan dalam mengatur strategi. Rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut,, agar bisa menambah jumlah respondent dan mengambil dari angle yang berbeda sehingga bisa mencari tahu lebih dalam strategi apa yang bisa digunakan SME's Florist di Jawa.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Innovation Capability, Social Media Product Development, Social Media Marketing Communication , Resources Based Theory (RBT), SME, Florist, Creative Industry |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 09:28 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 06:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22836 |
Actions (login required)
View Item |