Strategi Pesan Persuasif pada Akun Instagram @Pluang_id dalam Menarik Minat Investasi

Colin, Stefanus Vincent (2022) Strategi Pesan Persuasif pada Akun Instagram @Pluang_id dalam Menarik Minat Investasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pluang merupakan fintech start-up di Indonesia yang memiliki banyak fitur yang jarang dimiliki oleh kompetitornya, terutama fitur-fitur yang memudahkan investor pemula. Pluang pun memanfaatkan momentum tersebut dengan melakukan pemasaran secara gencar. Terbukti dalam 1 tahun terakhir, Pluang telah mencatatkan penambahan followers sebesar 230 persen. Selain itu, akun Instagram Pluang memiliki engagement rate sebesar 0,65 persen yang mana angka tersebut adalah yang tertinggi jika dibandingkan dengan perusahaan fintech lainnya di Indonesia. Berdasarkan fakta tersebut, penelitian ini menganalisis strategi pesan persuasif menggunakan teori strategi naratif dan influencing techniques. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dan bersifat kualitatif deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini yaitu empat belas konten Instagram Pluang periode Februari 2022 yang dikumpulkan dengan cara observasi dan studi dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan kemudian dianalisis menggunakan konsep multimodal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi apa yang digunakan Pluang dalam membuat pesan persuasif untuk meningkatkan minat investasi di kalangan generasi Z dan Milenial. Berdasarkan hasil analisis, Pluang menggunakan lima strategi persuasi, yaitu enthusing, educating, advising, amusing, dan assembling. Strategi persuasi aspek kognitif sama-sama dibuat menggunakan teknik authority dan anchoring, sedangkan aspek afektif dibuat dengan teknik promised land, trustworthiness, dan god terms.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pesan Persuasif, Strategi Naratif, Analisis Konten
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jul 2022 09:28
Last Modified: 17 Apr 2023 03:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22843

Actions (login required)

View Item View Item