Colin, Stefanus Vincent (2022) Strategi Pesan Persuasif pada Akun Instagram @Pluang_id dalam Menarik Minat Investasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (226kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (192kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pluang merupakan fintech start-up di Indonesia yang memiliki banyak fitur yang jarang dimiliki oleh kompetitornya, terutama fitur-fitur yang memudahkan investor pemula. Pluang pun memanfaatkan momentum tersebut dengan melakukan pemasaran secara gencar. Terbukti dalam 1 tahun terakhir, Pluang telah mencatatkan penambahan followers sebesar 230 persen. Selain itu, akun Instagram Pluang memiliki engagement rate sebesar 0,65 persen yang mana angka tersebut adalah yang tertinggi jika dibandingkan dengan perusahaan fintech lainnya di Indonesia. Berdasarkan fakta tersebut, penelitian ini menganalisis strategi pesan persuasif menggunakan teori strategi naratif dan influencing techniques. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dan bersifat kualitatif deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini yaitu empat belas konten Instagram Pluang periode Februari 2022 yang dikumpulkan dengan cara observasi dan studi dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan kemudian dianalisis menggunakan konsep multimodal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi apa yang digunakan Pluang dalam membuat pesan persuasif untuk meningkatkan minat investasi di kalangan generasi Z dan Milenial. Berdasarkan hasil analisis, Pluang menggunakan lima strategi persuasi, yaitu enthusing, educating, advising, amusing, dan assembling. Strategi persuasi aspek kognitif sama-sama dibuat menggunakan teknik authority dan anchoring, sedangkan aspek afektif dibuat dengan teknik promised land, trustworthiness, dan god terms.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pesan Persuasif, Strategi Naratif, Analisis Konten |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Jul 2022 09:28 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 03:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22843 |
Actions (login required)
View Item |