Persepsi Jurnalis terhadap Kelayakan Pemberitaan Isu K-Pop

Rizqi Azura, Azka (2022) Persepsi Jurnalis terhadap Kelayakan Pemberitaan Isu K-Pop. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)

Abstract

Isu K-Pop merupakan pemberitaan yang banyak dibahas oleh masyarakat khususnya penggemar K-Pop sendiri. Pemberitaan yang diberitakan pun bermacam-macam. Terdapat media yang memberitakan secara layak dan sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik, tetapi ada juga pemberitaan yang kurang layak dan tidak sesuai dengan pedoman Kode Etik Jurnalistik. Media berita Instagram @insertlivekpop merupakan salah satu media yang memberitakan pemberitaan seputar hal-hal tentang Korea, termasuk isu K-Pop. Salah satu pemberitaan yang diunggah oleh @insertlivekpop sempat mengundang pro dan kontra di masyarakat yang melihat dan membaca berita tersebut. Menurut masyarakat yang kontra, pemberitaan tersebut merupakan berita yang melanggar Kode Etik Jurnalistik atau berita yang belum layak diberitakan. Pada penelitian ini, peneliti mencoba menganalisis pemberitaan isu K-Pop di Instagram @insertlivekpop dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Lebih spesifik, peneliti mencoba mencari tahu bagaimana persepsi jurnalis entertainment terhadap kelayakan pemberitaan isu K-Pop di @insertlivekpop. Penelitian ini pun memakai acuan kriteria kelayakan berita oleh Kusumaningrat dan Kusumaningrat, yakni berita harus akurat; berita harus lengkap, adil, dan berimbang; berita harus objektif; berita harus ringkas dan jelas; dan berita harus hangat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi jurnalis terhadap kelayakan pemberitaan isu K-Pop di @insertlivekpop mayoritas informan mengatakan bahwa unsur-unsur kelayakan pemberitaan tersebut belum terpenuhi oleh media berita di Instagram @insertlivekpop. Dapat diartikan bahwa pemberitaan isu K-Pop di @insertlivekpop belum layak sebagai pemberitaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media daring, instagram, berita isu k-pop , kelayakan berita
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jul 2022 09:29
Last Modified: 19 Jun 2023 08:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22849

Actions (login required)

View Item View Item