Pengaruh Customer Relationship Management Permainan Shopee Tanam terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Aplikasi Shopee di Jabodetabek)

Bungdiana, Carissa (2022) Pengaruh Customer Relationship Management Permainan Shopee Tanam terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Aplikasi Shopee di Jabodetabek). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan e-commerce pada tahun 2019 mendapatkan angka sebesar 21% dari seluruh populasi yang ada atau setara dengan 57,3 juta orang yang menjadi gaya hidup baru berbelanja masyarakat. Shopee merupakan salah satu e-commerce di Indonesia yang memiliki perkembangan pesat. Shopee bertahan selama 10 tahun sebagai top leader dan memiliki jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia. Hal ini tidak luput dari adanya in app games Shopee Tanam yang mendapatkan 71% fitur Shopee yang paling dikenal dan diketahui konsumen yang relevan dalam strategi Customer Relationship Management. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara program customer relationship management Shopee Tanam terhadap loyalitas pelanggan pengguna Shopee. Teori/konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah customer relationship maangement, dan loyalitas pelanggan. Metodologi yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sifat eksplanatif untuk menjelaskan hubungan antar variabel. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan jenis purposive sampling untuk area Jabodetabek. Pengumpulan data akan menggunakan kuesioner kepada sampel sebanyak 300 responden dengan kriteria yang sudah ditentukan. Data dari kuesioner dianalisis menggunakan program SPSS versi 26. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, korelasi, dan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel CRM terhadap loyalitas pelanggan sebesar 38,1% dengan nilai korelasi sebesar 0,691. Kesimpulan dari penelitian ini adalah customer relationship management yang dilakukan oleh Shopee melalui fitur permainan Shopee Tanam memberikan pengaruh kepada rasa loyal yang terbangun ketika menggunakan aplikasi Shopee.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan, Aplikasi Shopee, Shopee Games, Shopee Tanam.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 021 Library relationships (with archives, information centers, etc.)
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jul 2022 09:28
Last Modified: 15 Apr 2023 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22871

Actions (login required)

View Item View Item