Bungdiana, Carissa (2022) Pengaruh Customer Relationship Management Permainan Shopee Tanam terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Aplikasi Shopee di Jabodetabek). Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan e-commerce pada tahun 2019 mendapatkan angka sebesar 21% dari seluruh populasi yang ada atau setara dengan 57,3 juta orang yang menjadi gaya hidup baru berbelanja masyarakat. Shopee merupakan salah satu e-commerce di Indonesia yang memiliki perkembangan pesat. Shopee bertahan selama 10 tahun sebagai top leader dan memiliki jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia. Hal ini tidak luput dari adanya in app games Shopee Tanam yang mendapatkan 71% fitur Shopee yang paling dikenal dan diketahui konsumen yang relevan dalam strategi Customer Relationship Management. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara program customer relationship management Shopee Tanam terhadap loyalitas pelanggan pengguna Shopee. Teori/konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah customer relationship maangement, dan loyalitas pelanggan. Metodologi yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sifat eksplanatif untuk menjelaskan hubungan antar variabel. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan jenis purposive sampling untuk area Jabodetabek. Pengumpulan data akan menggunakan kuesioner kepada sampel sebanyak 300 responden dengan kriteria yang sudah ditentukan. Data dari kuesioner dianalisis menggunakan program SPSS versi 26. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, korelasi, dan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel CRM terhadap loyalitas pelanggan sebesar 38,1% dengan nilai korelasi sebesar 0,691. Kesimpulan dari penelitian ini adalah customer relationship management yang dilakukan oleh Shopee melalui fitur permainan Shopee Tanam memberikan pengaruh kepada rasa loyal yang terbangun ketika menggunakan aplikasi Shopee.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
