Representasi Rasisme dalam Iklan Mobil Volkswagen Golf 8 pada Sosial Media Instagram 2020: Analisis Semiotika Roland Barthes

Yoga, Titus Chrisna (2022) Representasi Rasisme dalam Iklan Mobil Volkswagen Golf 8 pada Sosial Media Instagram 2020: Analisis Semiotika Roland Barthes. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)

Abstract

Rasisme merupakan suatu fenomena sosial yang sudah terjadi dalam kurun waktu yang lama. Isu rasisme saat ini dapat dijumpai dalam berbagai bentuk dan melalui berbagai media. Saat ini iklan sudah menjadi media yang mampu menyebarkan isu rasime kepada publik. Penelitian Representasi Rasisme dalam Iklan Mobil Volkswagen Golf 8 pada Sosial Media Instagram 2020: Analisis Semiotika Roland Barthes bertujuan untuk mengetahui bagaimana iklan mobil Volkswagen Golf 8 pada sosial media Instagram merepresentasikan rasisme beserta makna yang terkandung dalam tanda dan simbol yang dinilai mengandung unsur rasisme terhadap ras kulit hitam. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma konstruktivis, dimana metode yang digunakan adalah semiotika Roland Barthes dan tanda-tanda yang muncul dilihat dengan menggunakan lima kode pembacaan milik Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi rasisme yang terdapat pada iklan Mobil Volkswagen Golf 8, memiliki tanda-tanda yang memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya sehingga memperkuat representasi rasisme di dalam iklan tersebut. Mitos yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa rasisme dapat terjadi di kalangan elit masyarakat, khususnya isu rasisme antara ras kulit putih dan ras kulit hitam.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: iklan, rasisme, representasi, semiotika roland barthes, Volkswagen Golf 8
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
900 History and Geography > 910 Geography and Travel > 912 Graphic Representations of Surface of Earth and of Extraterrestrial Worlds
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Jul 2022 09:27
Last Modified: 15 May 2023 00:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22879

Actions (login required)

View Item View Item