YoungTalks Podcast: Toxic Relationship, Kehilangan Jati Diri karena Mencintai

Gracella, Kyra (2022) YoungTalks Podcast: Toxic Relationship, Kehilangan Jati Diri karena Mencintai. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media sudah mengalami perkembangan internet, salah satunya menghasilkan podcast. Oleh karena itu, penulis membuat karya podcast dengan nama YoungTalks Podcast sebagai pemenuhaan skripsi berbasis karya, dengan topik seputar permasalahan anak muda. Dalam salah satu musim podcast yang terdiri atas 3 episode, penulis mengangkat topik tentang toxic relationship, yang merupakan hal yang sering dijumpai oleh anak muda. Penulis bertujuan untuk memberi tahu anak muda tentang betapa buruknya toxic relationship sehingga mereka tidak terjerumus ke dalamnya. Selain itu, tujuan penulis dalam membuat podcast dengan topik toxic relationship adalah ingin memberitahu masyarakat tentang toxic relationship dan pentingnya menaruh perhatian terhadap hal tersebut, membantu masyarakat agar tidak terjerumus dalam toxic relationship (preventif), memberi solusi untuk masyarakat yang sudah terjerumus ke dalam toxic relationship (represif), dan mendistribusikan karya secara digital agar bisa didengarkan secara luas oleh masyarakat. YoungTalks Podcast memiliki format storytelling dan juga menambahkan konsep sandiwara radio dan wawancara. Konsep sandiwara radio penulis gunakan untuk membuat reka ulang reka ulang pada bagian awal podcast, yang berguna untuk menceritakan kisah narasumber relevan (korban dari toxic relationship). Prinsip reka ulang ini menggunakan dasar- dasar konsep sandiwara sesuai yang dijelaskan pada teori dan konsep. Selain itu, podcast juga melampirkan rekaman wawancara dengan narasumber. tetapi penulis juga menyajikannya dengan bacaan narasi sehingga terbentuk format storytelling. Pelaksanaan wawancara podcast dilakukan melalui Zoom, kemudian disunting menggunakan Adobe Premiere Pro. Pembuatan podcast melalui tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Target audiens dari podcast yang dibuat adalah remaja hingga dewasa muda berumur 18-25 tahun. Podcast ini dibuat dengan konsep storytelling dan mengundang narasumber relevan sertaahli. Publikasi podcast diunggah di Spotify pada kanal YoungTalks Podcast dan memiliki target 200 pendengar.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media digital, toxic relationship, storytelling, podcast, sandiwara radio Klaster Karya: programming-based project
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 173 Ethics of family relationships
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jul 2022 09:26
Last Modified: 16 Jun 2023 06:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22910

Actions (login required)

View Item View Item