Representation of Social Criticism on Cigarette Commercials Television Advertising (Semiotic Analysis of Charles Sanders Peirce on Sampoerna A MILD Cigarette Commercials Advertising Discourse of "GAK ADA YANG ILANG GITU AJA”) Edition

De Mikhael Bonardo Hutapea, Arkief (2022) Representation of Social Criticism on Cigarette Commercials Television Advertising (Semiotic Analysis of Charles Sanders Peirce on Sampoerna A MILD Cigarette Commercials Advertising Discourse of "GAK ADA YANG ILANG GITU AJA”) Edition. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)

Abstract

Sampoerna sebagai salah satu brand rokok terkemuka di Indonesia membuat iklan yang kreatif dan dibuat mengikuti peraturan yang ada tentang pembatasan iklan dan promosi rokok dengan mengangkat kritik sosial sebagai konsep pada iklan yang ditayangkan pada iklan versi "GAK ADA YANG ILANG GITU AJA". Pada penelitian ini, peneliti berupaya menemukan makna verbal maupun non verbal baik teks, audio dan juga visual termasuk hal-hal yang tersembunyi di dalam iklan Sampoerna A Mild versi "GAK ADA YANG ILANG GITU AJA" yang menggunakan konsep kritik sosial dalam iklannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis Semiotika Model Charles Sanders Peirce. Konsep yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu representasi, kritik sosial, teori tanda dan makan semiotika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivis. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan riset kepustakaan mulai dari buku, e-book, jurnal, hingga internet yang terkait untuk menjelaskan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi kritik sosial dalam iklan rokok Sampoerna A MILD "GAK ADA YANG ILANG GITU AJA" versi 1, 2 dan 3 di televisi digambarkan seletah dianalisis melalui semiotika Charles Sanders Peirce yang dibagi menjadi tanda ikon, indeks dan simbol. Kesimpulan penelitian ini adalah konsep kreatif dalam iklan rokok Sampoerna A MILD dalam versi 1, 2 dan 3 mampu merepresentasikan kritik sosial sebagai tema utama campaign yang diangkat oleh Sampoerna A MILD dalam mengkritik budaya masyarakat Indonesia yang seringkali membuang sampah tidak pada tempatnya khususnya sampah kecil dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Iklan, Iklan Sampoerna A Mild, Kritik Sosial, Semiotika
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Aug 2022 09:26
Last Modified: 17 Apr 2023 03:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22912

Actions (login required)

View Item View Item