Analisis Konten Native Advertising di Media Online IDN Times

Felicia, Laura (2022) Analisis Konten Native Advertising di Media Online IDN Times. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (452kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (831kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (141kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan media masih mengandalkan iklan sebagai sumber pendapatan utamanya. Namun, bagi sebagian besar pengguna media online, kehadiran iklan sering kali mengganggu pengalaman mereka saat mengakses sebuah berita. Sebuah solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah native advertising. Native advertising merupakan salah satu jenis iklan online yang menyatu dengan konten berita, sehingga format yang dipakai akan sama dengan konten jurnalistik lainnya. Berbeda dengan penelitian native advertising lainnya, penelitian ini tidak memperdebatkan tentang salah atau benarnya penerapan native advertising di media online, melainkan berfokus pada karakteristik konten native advertising dan untuk mengetahui peran apa yang diorientasikan kepada khalayak. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti menggunakan 278 sampel artikel native advertising yang diteliti selama periode 1 Februari-31 Maret 2022 untuk dianalisis karakteristik kontennya. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 36,69% native advertising menggunakan tipe artikel trend & concept. Sementara untuk sumber artikel yang digunakan, sebesar 51,44% mengutip pada satu sumber dan sebesar 66,75% sumber artikel berasal dari pihak pengiklan. Selain itu, jika dilihat dari perannya, native advertising di IDN Times lebih menekankan pada peran civic dan service, daripada peran infortainment.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Native Advertising, Iklan, Media Online, Analisis Isi, The Role Performance
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Aug 2022 09:25
Last Modified: 18 Apr 2023 08:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22942

Actions (login required)

View Item View Item