Pelaksanaan Accounting Service dan Tax Service di PT Digital Truk Indonesia

Sekarwulan, Sekarwulan (2022) Pelaksanaan Accounting Service dan Tax Service di PT Digital Truk Indonesia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan kerja magang dilakukan di PT Digital Truk Indonesia dengan posisi sebagai Accounting & Tax intern pada Divisi Accounting di bawah bimbingan Wulan Puspitasari serta dikoordinir oleh Bapak Steven Adi selaku Accounting Manager Divisi Accounting. Selama magang, tugas yang dilakukan terkait dengan accounting service dan tax service yaitu memeriksa invoice dan mencatat transaksi Objek Pajak PPh 21, PPh 23 dan PPN, melakukan update data lawan transaksi transporter, meng- input jurnal petty cash terkait individual driver pada Accurate, merekapitulasi faktur pajak PPN masukan, membuat faktur pajak keluaran, dan mencari faktur pajak masukan yang tercatat namun tidak ditemukan softcopy-nya. Selama pelaksanaan kerja magang, tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik. Terdapat 6 kendala yang dihadapi selama pelaksanaan kerja magang: terdapat kekeliruan dalam informasi pajak transporter, terdapat selisih saldo saat melakukan penjurnalan petty cash untuk 1 transaksi individual driver, beberapa faktur pajak dari 1 transporter memiliki kode G (ganti), beberapa faktur pajak tidak dapat direkap melalui layanan scan barcode e-faktur, tidak dapat memberikan PPh 23 kepada transporter dengan NPWP CV ke seluruh transaksi di tanggal 11 Juni 2022, dan tidak ditemukan faktur pajak masukan untuk beberapa transporter. Solusi yang dilakukan untuk kendala tersebut adalah mengkonfirmasi dan meminta informasi perpajakan terbaru kepada pembimbing lapangan, melakukan pengecekan ulang saldo petty cash individual driver kemudian melakukan konfirmasi kepada pembimbing lapangan, mencari ulang faktur pajak kode G dan memberitahukan kepada pembimbing lapangan sehingga transporter mengirim faktur pajak yang benar, memeriksa list masa pajak sebelumnya terkait faktur pajak tersebut, mengkonfirmasi kepada IT Team terkait kendala tersebut dan proses perbaikan memakan waktu 4 hari, dan mengkonfirmasi kepada pembimbing lapangan kemudian meminta transporter mengirim kembali faktur pajak yang dimaksud.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Faktur Pajak, Invoice, Jurnal, Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance > 336.2 Taxes and Taxation
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Feb 2023 11:12
Last Modified: 23 May 2023 02:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23151

Actions (login required)

View Item View Item