Pelaksanaan Internal Audit di PT Kompas Gramedia

Auditha, Bella (2022) Pelaksanaan Internal Audit di PT Kompas Gramedia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan kerja magang dilaksanakan di Kompas Gramedia divisi internal audit. Selama kerja magang tugas yang diberikan merupakan pemberian jasa auditing untuk PT KMG dan PT G. Tugas yang dilakukan adalah melakukan rekalkulasi akumulasi depresiasi atas fixed asset, melakukan rekapitulasi dan tracing pendapatan iklan koran, melakukan cash opname, melakukan physical examination aset kendaraan, melakukan verifikasi aging schedule untuk akun piutang usaha, merekapitulasi dan merekonsiliasi invoice pendapatan barter dengan MoU, merekonsiliasi pencatatan pendapatan dan biaya pada laporan keuangan dengan laporan rencana anggaran biaya perusahaan, melakukan vouching dan rekapitulasi bukti pengeluaran kas, melakukan rekonsiliasi data penjualan lain-lain (waste), melakukan analisis trend laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan, melakukan analisis common size laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan. Terdapat beberapa kendala yang dialami selama kegiatan kerja magang. Kendala pertama adalah pada PT KMG pada tugas physical examination aset kendaraan melalui video call menyulitkan auditor dikarenakan jaringan yang kurang stabil dari pihak auditee seringkali membuat gambar menjadi blur dan kurang jelas. Kendala kedua adalah terkait tugas vouching dan bukti pengeluaran kas yang diberikan ada yang kepotong dan blur sehingga kurang terlihat detail. Solusi dari kedua kendala tersebut adalah untuk PT KMG menginformasikan kepada pembimbing lapangan terkait kendala jaringan dan video call yang terjadi saat melakukan physical examination, kemudian meminta foto terkait kendaraan tersebut setelah dilakukannya physical examination agar dapat dilihat dengan jelas. Selain itu untuk kendala yang kedua solusinya adalah menginformasikan kepada pembimbing lapangan untuk menginformasikan kepada tim yang bertanggung jawab dalam memberikan dokumen untuk difoto atau di-scan ulang sehingga lebih jelas terbaca.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Aging, Analisis, Opname, Rekapitulasi, Rekonsiliasi
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.45 Auditing
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.402 Internal Organizations
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Feb 2023 11:18
Last Modified: 16 May 2023 07:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23211

Actions (login required)

View Item View Item