Laporan Kerja Magang Pelaksanaan Jasa Akuntansi di PT Takasago International Indonesia

Liana Manullang, Elisabeth (2023) Laporan Kerja Magang Pelaksanaan Jasa Akuntansi di PT Takasago International Indonesia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan kerja magang dilaksanakan pada divisi finance, accounting and admin di PT Takasago International Indonesia. Tugas yang dilaksanakan selama kerja magang adalah menjurnal pembayaran utang pajak atas transaksi pembelian impor menggunakan SAP, membuat draft jurnal pembelian kredit luar negeri menggunakan SAP, menjurnal transaksi pembelian kredit luar negeri dan dalam negeri menggunakan SAP, menjurnal transaksi pembayaran kepada supplier dalam mata uang IDR/USD dan mata uang selain IDR & USD menggunakan SAP, menginput transaksi pemindahan dana antar rekening saldo IDR dan USD menggunakan SAP, menjurnal pendapatan keuangan/deposito menggunakan SAP, merekapitulasi reimbursement karyawan menggunakan Ms.Excel, menjurnal reimbursement karyawan menggunakan SAP, dan meng-input e-Bupot menggunakan website resmi DJP. Terdapat beberapa kendala yang ditemukan saat pekerjaan dilakukan yaitu dalam beberapa kesempatan, sistem SAP B1 membutuhkan waktu yang cukup lama ketika membuka menu dan saat melakukan posting atau menyimpan pekerjaan. Solusi yang dilakukan adalah menunggu beberapa saat sampai aplikasi memberikan respon dan jika aplikasi SAP B1 masih tidak merespon, maka menutup aplikasi dan membukanya kembali. Kendala selanjutnya adalah ketika membuat jurnal draft pembelian kredit luar negeri, terdapat perbedaan jumlah quantity antara file excel purchased raw material yang diberikan warehouse dengan lembar PIB dan invoice vendor raw material sehingga proses pembuatan draft pembelian kredit luar negeri menjadi terhambat. Solusi yang dilakukan terkait kendala tersebut adalah menginformasikan kepada pembimbing lapangan untuk menghubungi warehouse sehingga dapat memperbaiki dan mengkonfirmasi jumlah angka sesuai dengan quantity yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Jurnal, Pembelian Kredit, Pembayaran, Pemindahan Dana, Reimbursement, Bupot xiii Pelaksanaan Jasa Akuntansi..., Elisabeth Liana Manullang, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Feb 2023 11:24
Last Modified: 22 May 2023 01:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23253

Actions (login required)

View Item View Item