Kontribusi Karang Film Festival dalam Pembangunan Desa Wisata Perfilman di Desa Karang

Lanang Galih Maharesi, Jagho (2022) Kontribusi Karang Film Festival dalam Pembangunan Desa Wisata Perfilman di Desa Karang. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Kegiatan perfilman di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat sebelum pandemi COVID-19 melanda dan menghentikan hampir seluruh kegiatan. Pada kondisi hari ini yang semakin hari semakin mereda, kegiatan perfilman, baik secara komersil atau non komersil juga turut memulihkan diri sebelum dapat Kembali ke kondisi semula. Meski demikian, perfilman Indonesia memiliki sebuah hambatan dimana hanya daerah kota Jakarta dan sekitarnya yang mengalami perkembangan sehingga daerah lain tertinggal. Oleh karena itu, Institut Seni Indonesia Surakarta yang menjadi penerima dana bantuan pemerintah dalam menjalankan Program Kompetisi Kampus Merdeka mengadakan Program Magang Laboratorium Sosial Perfilman. Salah satu luaran dari program ini adalah penyelenggaraan Karang Film Festival yang diyakini dapat turut membantu perfilman lokal. Dalam penelitian ini, penulis teori desa wisata dan festival film akan digunakan sebagai landasan teori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Informan yang dipilih dari wawancara adalah tiga orang berbeda yang berdomisili di Karanganyar dan sekitarnya dan memiliki keterlibatan dengan Karang Film Festival dalam posisi yang berbeda. Hasil penelitian menemukan bahwa penyelenggaraan Karang Film Festival telah membantu pembangunan Desa Karang menjadi sebuah Desa Wisata Perfilman dan juga turut mengembangkan ekonomi lokal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penyelenggaraan dari acara Karang Film Festival sudah membantu pembangunan Desa Wisata Perfilman meski masyarakat masih perlu sosialisasi lebih dalam soal film.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Desa Wisata, Festival Film, Kegiatan Perfilman
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Feb 2023 12:02
Last Modified: 02 Oct 2023 00:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23293

Actions (login required)

View Item View Item