Peran Motion Graphic Artist dalam Pembuatan Comic Effect dan Animation Text pada Project Web Series Generasi Cuan di Perusahaan CDI Creative

Juliana, Irene (2022) Peran Motion Graphic Artist dalam Pembuatan Comic Effect dan Animation Text pada Project Web Series Generasi Cuan di Perusahaan CDI Creative. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Latar belakang pada motion graphic berawal dari pola pikir manusia yang memahami suatu informasi yang berbentuk audio dan visual terutama bagi manusia yang memiliki kemampuan visual. Motion graphic merupakan sebuah karya gambar bergerak yang melibatkan desain grafis dan audio dimana grafis digerakkan dan membentuk sebuah karya yang indah dan estetik. Kita bisa menemukan motion graphic di beberapa media yang menggunakan layar seperti TV, video musik, judul dan credit film, dan semacamnya. Sedangkan web series merupakan serial pendek yang ditayangkan melalui platform online yang bisa dijangkau oleh para penonton. Metode atau teori yang digunakan pada penelitian ini adalah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan sebuah project motion graphic pada project web series merupakan proses yang tergolong tidak mudah dan menantang untuk dipraktekkan. Hal ini dikarenakan untuk membuat sebuah project motion graphic membutuhkan proses yang cukup panjang di mana proses dimulai dari riset, penentuan konsep, pembuatan aset grafis, hingga proses penggerakkan objek grafis yang disertai dengan efek-efek tertentu untuk menciptakan sebuah karya motion graphic yang nyaman untuk dipandang. Maka, kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembuatan project motion graphic tidak semudah saat mata kita menjadi penonton. Untuk menciptakan sebuah karya motion graphic harus didasari dengan pemahaman teori desain grafis demi mencapai nilai estetika, serta perlu belajar banyak melalui eksekusi secara langsung. Jika tidak sesuai ekspektasi maka karya perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: motion graphic, web series, desain grafis, gambar bergerak
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Mar 2023 12:02
Last Modified: 25 Sep 2023 23:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23358

Actions (login required)

View Item View Item