Peran Data Engineer pada PT Bank Central Asia Tbk dalam Pengembangan dan Implementasi Data Warehouse

Andrew Siswanto, Elroy (2022) Peran Data Engineer pada PT Bank Central Asia Tbk dalam Pengembangan dan Implementasi Data Warehouse. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

PT Bank Central Asia Tbk merupakan salah satu bank swasta dengan nasabah terbanyak di Indonesia. Selain jumlah nasabah yang banyak, PT Bank Central Asia Tbk juga memiliki jumlah produk dan layanan yang banyak. Dengan demikian, data yang dihasilkan dari berbagai jenis layanan dan transaksi perbankan PT Bank Central Asia Tbk sangatlah besar. Oleh maka dari itu, dibutuhkan peran data engineer dalam pengembangan dan implementasi data warehouse guna mengakomodir manajemen dan integrasi data yang sistematis. Dalam melakukan data warehousing, PT Bank Central Asia Tbk memiliki kerangka kerja (frame work) serta standarisasi yang sudah ditetapkan. Tools yang digunakan dalam melakukan proses ETL (extract, transform, load) adalah Informatica PowerCenter dan Informatica Developer. Produk teknologi yang digunakan dalam mengakomodir manajemen dan integrasi data tersebut antara lain Oracle RDBMS (Relational Database Management System), platform big data Cloudera, server dengan operating system berbasis Linux, dan lain sebagainya. Hasil yang dicapai dalam kegiatan kerja magang ini antara lain pengembangan proyek database middle tier, pengembangan dan implementasi proyek data warehouse, pembelajaran dan pembuatan API (Application Programming Interface) data. Kegiatan kerja magang pada PT Bank Central Asia Tbk telah berlangsung selama 105 hari secara work from home dan work from office. Dengan dilaksanakannya kerja magang ini, diharapkan dapat membantu PT Bank Central Asia Tbk dalam mengakomodir manajemen dan integrasi data yang sistematis.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Big Data, Database, Data Engineer, Data Warehouse
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment) > 332.1 Banks, Banking Services, Central Banks, World Bank
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Mar 2023 19:01
Last Modified: 05 Jul 2023 06:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23407

Actions (login required)

View Item View Item