Strategi Mempertahankan Siniar Silat Gajah Putih Mega Paksi Pusaka dalam Pelestarian Budaya Sunda

Maringan, Julius Frans (2022) Strategi Mempertahankan Siniar Silat Gajah Putih Mega Paksi Pusaka dalam Pelestarian Budaya Sunda. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (797kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pencak Silat merupakan beladiri asli dari Indonesia yang diwariskan secara turun- temurun dari leluhur bangsa Indonesia sejak dahulu. Pencak Silat dipercaya sudah tersebar ke seluruh nusantara pada abad ke-7 masehi, akan tetapi belum dapat dipastikan asal-usulnya. Kemungkinan perkembangan beladiri pencak silat mulai berkembang diawali dari keahlian suku-suku asli Indonesia saat berburu hewan, dan berperang menggunakan tombak, perisai, dan parang. Tradisi silat diturunkan secara lisan sebagai pusaka yang diajarkan dari guru ke murid. Media Podacat diluncurkan bertujuan untuk mempertahankan budaya sunda yang menjadi warisan bangsa, yaitu silat Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka dengan mengusung media alternatif. Tujuan dari karya menunjukan bahwa dalam melestarikan budaya tersebut, penulis menggunakan media massa alternatif dengan membuat karya berbentuk siniar berformat audio storytelling. Narasumber dan penulis juga hadir dalam bentuk format audio yang dibagi menjadi tiga episode. Tujuan karya dibuat oleh penulis untuk mengetahui tentang pentingnya mempertahankan serta melestarikan budaya pencak silat sunda. Kegunaan karya menjadi sumber referensi bagi masyarakat dan siniar untuk mengenal media alternatif baru. Hasil dari karya ditargetkan untuk pendengar mulai dari anak-anak hingga dewasa baik itu laki-laki dan perempuan berusia 12 sampai 30 tahun. Karya diluncurkan melalui platform media digital Spotify dengan durasi full 62 menit yang terbagi menjadi tiga episode. Siniar berharap dapat menarik 50 audiens di Spotify dan 30 pengikut di Instagram.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pelestarian Budaya, Pencak Silat, Siniar, Siniar, Strategi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:59
Last Modified: 28 Apr 2023 01:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23468

Actions (login required)

View Item View Item