Pengaruh Debt to Asset Ratio, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Current Ratio terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2021)

Kusnadi, Sharon (2023) Pengaruh Debt to Asset Ratio, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Current Ratio terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2021). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)

Abstract

Profitabilitas berperan penting bagi perusahaan dan sebagai indikator perusahaan dalam menentukan strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan performa perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dan menjaga kinerja usaha. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Debt to Asset Ratio Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Current Ratio terhadap profitabilitas yang dihitung dengan Return On Assets. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Adapun hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Debt to Asset Ratio berpengaruh negatif namun signifikan terhadap profitabilitas yang dihitung dengan Return On Assets. 2)Umur Perusahaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap profitabilitas yang dihitung dengan Return On Assets. 3) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas yang dihitung dengan Return On Assets. 4) Current Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas yang dihitung dengan Return On Assets. Dengan demikian, semakin tinggi profitabilitas maka perusahaan dapat menghasilkan laba dengan memanfaatkan aset yang dimiliki sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Firm Age, Firm Size, Return on Asset (ROA)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance > 336.3 Fiscal Policy, Public Borrowing, Debt, Expenditure
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:03
Last Modified: 22 May 2023 01:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23488

Actions (login required)

View Item View Item