Identifikasi Teks pada Kartu Tanda Penduduk menggunakan OCR API untuk Layanan Perbankan Digital

Simon, Bryan Alexis (2023) Identifikasi Teks pada Kartu Tanda Penduduk menggunakan OCR API untuk Layanan Perbankan Digital. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)

Abstract

Kegunaan kartu identitas yang paling utama yaitu sebagai alat untuk verifikasi dan registrasi, dalam proses registrasi calon nasabah perbankan secara daring biasanya kita diharuskan untuk mengupload foto identitas lalu mengisi field formulir sesuai identitas asli, proses pengisian field ini dapat diotomasikan dengan memanfaatkan image processing Optical Character Recognition (OCR). Namun OCR memiliki keterbatasan yaitu ketika terdapat background kompleks seperti garis, titik di belakang teks pada suatu gambar dan juga ketika input foto mempunyai variasi angle kemiringan, perspektif membuat input yang tidak ideal dapat sangat mempengaruhi hasil deteksi. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan layanan API OCR untuk Kartu Tanda Penduduk yang terdapat error handling dengan dapat menerima kondisi input foto yang tidak tegak mendatar dengan berbagai sudut kemiringan yang dapat terjadi diakibatkan faktor-faktor seperti saat foto KTP diambil tanpa diletakan di meja, terburu-buru saat mengambil foto, distorsi pada foto akibat lensa wide kamera smartphone sekarang ini, tidak disediakannya layout capture kamera khusus yang menambahkan guideline sesuai KTP dan sebagainya. Aplikasi yang dapat memanfaatkan sistem hasil penelitian ini yaitu pihak yang butuh pendaftaran pengguna namun tidak memiliki akses menggunakan reader KTP Secure Access Module, atau butuh melakukan proses tersebut secara online dengan menggunakan sistem scanning KTP sebagai sumber informasi data diri pengguna layanan. Kesimpulan yang didapat yaitu adanya keterbatasan pada sistem untuk memproses KTP dengan angle kemiringan yang tidak lebih dari 45 derajat, selebihnya dapat menyebabkan output yang tidak sesuai bahkan tidak dapat diproses lebih lanjut, sistem dapat mengidentifikasi KTP dan menghasilkan Good OCR Accuracy berdasarkan kategori penilaian Character Error Rate.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: OCR, Image Processing, Text Recognition, Text Detection
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Computer Engineering
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:06
Last Modified: 08 Jun 2023 01:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23499

Actions (login required)

View Item View Item