Peran 2D Generalist dalam Mengembangkan Hak Milik Cipta Lanting Animation Studio

Lengkana Putri, Gandari (2021) Peran 2D Generalist dalam Mengembangkan Hak Milik Cipta Lanting Animation Studio. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Latar belakang penelitian peran 2D generalist dalam mengembangkan intellectual property studio Lanting Animation mulai saat penulis memutuskan untuk bekerja sebagai generalis 2D saat melakukan proses magang dengan harapan untuk mengembangkan ketrampilan diri sendiri dalam membuat karya 2D. Karya yang dimaksud dapat berbentuk sebagai animasi, maupun ilustrasi. Namun, karena kurangnya pengalaman penulis dalam proses produksi, pertanyaan pun muncul apa saja peran seorang generalis 2D dalam mengembangkan intellectual property dari sebuah perusahaan animasi, lebih spesifiknya studio Lanting Animation. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan praktik secara langsung dengan Lanting Animation untuk memproduksi beberapa karya 2D secara individu, maupun bersama orang lain. Bukan hanya itu, tetapi penulis pun dapat melihat dan mengalami alur kerja seorang generalis 2D. Hasil penelitan menunjukkan bahwa generalis 2D memiliki peran yang besar dalam mengembangkan intellectual property karena luasnya pengetahuan dan ketrampilan yang dapat di bawa ke tugas mana saja, serta dapat membuat jenis karya yang beragam, seperti ilustrasi, animasi, concept art, dan lain sebagainya. Kesimpulan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa generalis 2D dapat mengerjakan banyak hal dan membuat banyak karya menggunakan teknik 2D. Karena peluang pekerjaan yang banyak, generalis 2D dapat dianggap memiliki peran yang besar dalam pengembangan intellectual property studio Lanting Animation.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: generalis 2D, intellectual property, karya
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 771 Techniques and Procedures of Photography > 771.1 Studios, Laboratories, Darkrooms
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 21:02
Last Modified: 02 Oct 2023 00:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23596

Actions (login required)

View Item View Item