Motif Jurnalis Televisi dalam Menerapkan Personal Branding di Instagram

Sindoro, Felisitas Citra Ayuningtyas (2023) Motif Jurnalis Televisi dalam Menerapkan Personal Branding di Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keikutsertaan jurnalis memanfaatkan media sosial dalam membangun personal branding diharapkan dapat menjaga keberlangsungan perusahaan media dengan membantu kegiatan promosi perusahaan dan mendorong keterlibatan audiens. Akan tetapi, praktik personal branding oleh para jurnalis belum diteliti secara menyeluruh karena hanya melihat konten serta perilaku jurnalis media cetak di media sosial Twitter di Amerika dan Eropa. Padahal terdapat pergeseran fenomena di lapangan yang memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia mulai meninggalkan media cetak dan cenderung mengakses televisi. Oleh karenanya, penelitian ini menaruh fokus pada aktivitas personal branding jurnalis televisi untuk melihat motif dari kegiatan tersebut yang dikaitkan dengan budaya mengunggah di media sosial Instagram dan perluasan makna selebriti. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan dan sifat kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan konsep personal branding dan celebrification. Informan dalam penelitian ini adalah jurnalis televisi yang aktif menggunakan media sosial Instagram. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi serta motif yang melandasi jurnalis televisi dalam menggunakan Instagram, sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman dan wawasan mendalam terkait penerapan personal branding bagi jurnalis dalam memaksimalkan fungsi media sosial untuk meningkatkan nilai serta membangun aktualisasi diri. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa jurnalis televisi memiliki kesadaran akan pentingnya penerapan personal branding di media sosial dalam menunjang kepentingan profesi, industri, dan dirinya sendiri dengan turut meminjam karakteristik selebriti. Namun, motif yang melandasi penerapannya lebih mengarah untuk mewujudkan kepentingan kantor media dengan tetap mematuhi elemen- elemen jurnalisme.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Instagram, Jurnalis televisi, Media sosial, Personal branding, Selebrifikasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:07
Last Modified: 20 Jun 2023 02:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23680

Actions (login required)

View Item View Item