Rancang Bangun Aplikasi Game untuk Pengembangan Etika Anak Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle

Atmaja, Erika (2022) Rancang Bangun Aplikasi Game untuk Pengembangan Etika Anak Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (29MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tingkat krisis nilai dan etika yang terjadi pada anak-anak masih cenderung banyak dijumpai di masyarakat. Hal ini dapat dipengaruhi melalui pola asuh orang tua yang dapat diperhatikan berdasarkan interaksi sehari-hari (cara berbicara dan berperi- laku). Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman anak dapat dilakukan pem- belajaran yang diberikan melalui game karena dinilai menjadi cara yang efek- tif dan mampu memberikan hiburan pada anak. Pada penelitian ini digunakan modern method dari algortima Fisher-Yates Shuffle untuk pengacakan soal kuis karena memiliki kompleksitas waktu linear dan kompleksitas ruang yang konstan. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan kuesioner kepada 38 responden, diper- oleh nilai kepuasan pemain menggunakan metode perhitungan GUESS-18 sebesar 82.08% yang merupakan nilai dengan predikat 'Baik'. Untuk perbandingan ni- lai kuis pada soal pre-test dan post-test yang diberikan, terdapat 86.84 % pemain berhasil mengalami peningkatan terhadap perkembangan etika setelah menyele- saikan pembelajaran melalui game My Little Adventurer.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Fisher-Yates Shuffle Algorithm, Game Edukasi, GUESS, Nilai Etika.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:00
Last Modified: 22 Aug 2023 00:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23806

Actions (login required)

View Item View Item