Analisis Strategi Respon Krisis Universitas Gadjah Mada dalam Kasus Kekerasan Seksual

Joachim Parinussa, Ferdinand (2023) Analisis Strategi Respon Krisis Universitas Gadjah Mada dalam Kasus Kekerasan Seksual. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sejak tahun 2020 sampai dengan 2022, angka kekerasan seksual meningkat. Komnas Perempuan mencatat kasus kekerasan berbasis gender (KBG) di ranah pendidikan tercatat paling tinggi pada lingkungan perguruan tinggi. Salah satu universitas yang mengalami krisis kekerasan seksual yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada 8 Oktober 2022, kabar mengenai kasus kekerasan seksual mahasiswa Hubungan Internasional (HI) UGM muncul melalui media berita, sehingga UGM melakukan strategi respon krisis untuk menjaga reputasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi respon krisis yang dilaksanakan oleh UGM, lalu menganalisa sejauh mana strategi respon krisis yang dilaksanakan oleh UGM sesuai dengan guideline Situational Crisis Communication Theory, penelitian dilakukan dengan metode analisis isi kuantitatif dan dengan sampel yaitu artikel-artikel pada media berita yang mengandung pernyataan respon krisis UGM. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Situational Crisis Communication Theory (SCCT). Hasil dari penelitian ini yaitu UGM menggunakan strategi respon krisis excusing, justification, dan reminding. Strategi respon krisis yang paling banyak digunakan yaitu excusing pada 17 artikel, sehingga berdasarkan guideline SCCT, UGM belum tepat dalam melakukan respon krisis. UGM seharusnya memperbanyak penggunaan strategi respon krisis reminding sebab strategi tersebut sesuai berdasarkan guideline SCCT.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi respon krisis, Situational crisis communication theory, analisis isi kuantitatif
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:00
Last Modified: 27 Apr 2023 02:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23809

Actions (login required)

View Item View Item