Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan

Tokan, Velensia Ina (2023) Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris terkait pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas dan kebijakan dividen terhadap nila i perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price to Book Value. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diproksikan dengan return on assets, leverage yang diproksikan dengan debt to equity ratio, likuiditas yang diproksikan current ratio, dan kebijakan dividen yang diproksikan dengan dividend payout ratio. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI secara berturut-turut selama tahun 2017-2020. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan dianalisis menggunakan persamaan regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan food and beverages yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini adalah (1) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) leverage tidak berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, (3) likuiditas berpengaruh negatif signifik a n terhadap nilai perusahaan, (4) kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan (5) profitabilitas, leverage, likuiditas, dan kebijakan dividen secara simultan berpengaruh signifik a n terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kebijakan dividen, leverage, likuiditas, nilai perusahaan, profitabilitas
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:02
Last Modified: 24 May 2023 02:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23828

Actions (login required)

View Item View Item