Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Leverage, Profitabilitas, dan Kepemilikan Saham Publik terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)

Puspasari, Novalina (2023) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Leverage, Profitabilitas, dan Kepemilikan Saham Publik terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan institusional, leverage, profitabilitas, dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Perusahaan perlu melakukan CSR yang nantinya akan diungkapkan ke dalam laporan tahunan sebagai bentuk pertanggung jawaban CSR yang telah dilakukan. Dengan perusahaan melakukan CSR maka perusahaan akan terhindar dari kerugian yang mengakibatkan terhentinya proses produksi akibat tidak memperhatikan kondisi sosial dan lingkungan di sekitar perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stakeholder. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang dipilih mengacu pada metode purposive sampling. Data sekunder diambil dari laporan tahunan (annual report) dan laporan keuangan perusahaan. Data yang ada di analisa dengan menggunakan metode regresi linear berganda dan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 73 perusahaan sektor manufaktur yang secara berturut-turut terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2018 ­ 2020. Hasil penelitian ini adalah (1) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR, (2) kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, (3) leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR (4) profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR (5) kepemilikan saham publik tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kepemilikan institusional, leverage, pengungkapan Corporate Social Responsibility, profitabilitas, ukuran perusahaan
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:04
Last Modified: 22 May 2023 07:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23841

Actions (login required)

View Item View Item